Skip to content

playboy: indon vs. KR1$1$ … 241011

October 24, 2011

JAKARTA- Indonesia diminta tidak lengah menghadapi pengaruh negatif krisis ekonomi global yang masih terus berlangsung meskipun pertumbuhan ekonomi nasional pada 2011 masih tetap positif.

“Ketidakpastian ekonomi masih terus membayangi hampir semua kawasan, tidak terkecuali Asia seperti China, India dan Indonesia. Karena itu semua negara termasuk yang sedang berkembang terus berupaya keluar dari ketidakpastian itu,” kata Guru Besar Ekonomi Stern School of Business, New York Univesity, AS, Prof Dr Nouriel Roubini, saat ceramah ekonomi di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (24/10).

Acara bertajuk “Global Economic Challenges and Its Impact on Indonesia” itu juga diikuti Menteri Perdagangan Gita Wirjawan sebagai pembicara, dan sejumlah pemrasaran dari kalangan ekonom seperti Prof Dr Emil Salim, Rizal Ramli, Purbaya Yudhi Sadewa, Aviliani, Mirza Adityaswara, Fauzi Ichsan.

Menurut Roubini, hingga kini dampak krisis ekonomi global tersebut belum menunjukkan pengaruh langsung terhadap ekonomi Indonesia karena didukung kekuatan asar domestik.

Rasio utang terhadap PDB di tahun 2011 masih sehat yaitu sebesar 25,2% lebih rendah dibanding dengan rasio tahun 2009 dan 2010 di mana masing-masing 28,6% dan 27,4%.

Pertumbuhan ekonomi Indonesiapun dinilai masih tetap positif bahkan cenderung meningkat. IMF memprediksi pertumbuhan Indonesia pada 2011 mencapai 6,2%, naik dari tahun 2009 sebesar 4,6% dan 2010 sebesar 6,1%.

Dalam pidatonya hampir satu jam, Roubini juga mengatakan bahwa ketidakpastian ekonomi akibat kris dri Eropa dan AS sudah mulai terlihat namun dampaknya belum terasa besar pada pasar saham, sektor korporasi milik negara (BUMN) maupun sektor swasta.

Meski begitu perlu diantisipasi bahwa dalam jangka panjang jika krisis di Amerika Serikat dan Eropa tidak segera dicarikan solusinya akan mempengarui terhadap investasi, meyulitkan permodalan perusahaan, dan akhirnya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

“Sebaliknya, keputusan yang positif bagi pasar Eropa dan AS akan berpotensi menggerakkan ekonomi negara berkembang di sektor manufaktur, perdagangan, jasa teknologi informasi, termasuk mendorong investasi asing langsung (FDI),” kata Roubini.

Ia juga memuji bahwa ekonomi Indonesia masih cukup bagus menghadapi krisis, selain karena ditopang domestic consumption, dan peningkatan pasar ekspor nasional.

“Indonesia dan India merupakan dua negara yang cukup eksis karena sebesar 60-70% perekonomiannya ditopang konsumsi masyarakat. Ini bisa menjadi ukuran ketahanan ekonomi suatu negara,” tegas Roubini.

Menanggapi hal itu Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menuturkan meskipun konsumsi dalam negeri cukup besar, namun dibutuhkan kebijakan agar mampu menjaga laju pertumbuhan ekspor.

“Yang pasti dalam kondisi seperti sekarang ini kita harus memperkuat pasar domestik, dan menjaga pasar ekspor agar tidak tergerus,” kata Gita.

Ia memastikan krisis yang saat ini terjadi belum mempengaruhi pasar ekspor.

“Target ekspor tahun 2011 sebesar 200 miliar dolar AS. Masih sebesar itu meskipun tidak gampang memenuhi target itu,” tegasnya.

Sementara itu salah satu tokoh ekonomi nasional Emil Salim menekankan dua faktor utama yang juga penting dalam menekan dampak krisis ekonomi global yaitu peningkatan data saing produk dan peningkatan konektivitas.

“Ini (krisis ekonomi) harus dijadikan peluang untuk membuka pasar ekspor ke negara lain. Pusat perdagangan dunia segera beralih ke pasar Asia. Dengan ‘increase competition’ kita bisa menjadikan seluruh produk terutama berbasis hayati memenangkan persaingan di pasar global,” ujarnya.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/macroeconomics/nouriel-roubini-indonesia-jangan-lengah-antisipasi-krisis/22713

Sumber : INVESTOR DAILY

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: