playboy: BACA AJA di blog ini … :) :22/10/11

Pengusaha perlu tahu kondisi ekonomi global

Oleh Ana Noviani

Jum’at, 21 Oktober 2011 | 17:56 WIB
… gw mah UDAH DARI 1980an BELAJAR secara SADAR atau TIDAK DISENGAJA tentang EKONOMI GLOBAL … makanya gw berhasil MENCICIPI KENIKMATAN manfaat KRISIS MONETER 1997-1999, krisfinalo 2008, dan krisis kembar 2011 … well, TETAP BELAJAR TERUS ekonomi yang paling berimbas ke ekonomi indon LAH 🙂
bisnis indonesia

JAKARTA: Pemerintah merasa perlu memberikan pengetahuan kepada para pejabat dan sejumlah pelaku usaha tentang kondisi ekonomi global terkini dan antisipasi menjalarnya dampak negatif krisis ke Indonesia. Senin pekan depan, Badan Koordinator Penanaman Modal akan menggelar ceramah ekonomi bertajuk “Global Economic Challenges and Its Impact on Indonesia”.

Deputi bidang Promosi BKPM Himawan Hariyoga mengungkapkan dalam kuliah umum ini, pemerintah akan mendatangkan seorang pakar ekonomi dari Stern School of Business, New York University, Prof. Nouriel Roubini. Roubini merupakan ketua pendiri perusahaan konsultan ekonomi terkemuka di Amerika Serikat, Roubini Global Economics yang pada 2006 telah memprediksi terjadinya krisis financial di AS pada 2008, saat ekonom yang lain optimistis AS akan tetap merajai ekonomi dunia.

“Pemerintah dan dunia usaha di Indonesia harus mampu mengantisipasi kemungkinan menjalarnya pengaruh negatif krisis ekonomi global ke Indonesia, maka perlu diperoleh informasi terpercaya yang berasal dari sumber yang kompeten dan terpercaya,” ujar Himawan, kemarin.

Acara ini merupakan respon BKPM atas kekhawatiran dari banyak pihak supaya pemerintah dan badan usaha selaku pemangku kebijakan dan pelaku usaha dapat mengambil langkah kebijakan antisipasi dan mitigasi yang tepat dalam kondisi ekonomi global yang tidak stabil.

“Acara ini akan dibuka oleh Kepala BKPM sekaligus Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan kami harapkan menteri-menteri, BUMN, asosiasi pengusaha, dan kalangan akademisi bisa hadir,” undang Diputi bidang Promosi BKPM.

Kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan atas kerja sama BKPM dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ini diharapkan dapat memberikan informasi seputar perkembangan mutakhir tentang krisis ekonomi global, khususnya yang terjadi di Asia dan kawasan Eropa serta kemungkinan efek penularannya ke wilayah Asia, termasuk Indonesia.

“Yang terpenting itu supaya kita punya pemahaman soal perubahan konstelasi kekuatan ekonomi dunia agar pemerintah dan kalangan dunia usaha Indonesia bisa mengantisipasi pengaruh krisis ekonomi global tersebut,” ujar Himawan. (api)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s