Skip to content

playboy: recoVery (190) … 121011

October 12, 2011

Selasa, 11/10/2011 21:09 WIB
Hatta: Indonesia Lebih Tahan Banting
Advertorial – detikNews

Jakarta – Indonesia berada dalam kondisi yang jauh lebih tahan krisis dibanding tahun 2008. Jika krisis di Eropa memburuk dan perekonomian Amerika Serikat melambat, empat sektor keuangan Indonesia sudah berbenah dan saling menjalin koordinasi agar pengambilan keputusan di saat krisis bisa dilakukan lebih cepat.

Keempat sektor itu adalah, sektor perbankan, dana pensiun, asuransi, dan pasar modal. Keempatnya saling menukar informasi dengan payung koordinasi antara Bank Indonesia di sisi moneter dengan pemerintah di sisi fiskal.

“Koordinasi yang dibangun sudah sangat bagus. Dan respon kebijakan sudah kami persiapkan,” ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Selasa (11/10/2011).

Meski demikian, Hatta merasakan ganjalan yang menyebabkan benteng pertahanan Indonesia belum maksimal, yakni belum tuntasnya Rancangan Undang-undang Jaringan Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). JPSK dibutuhkan sebagai landasan pemerintah untuk mengantisipasi badai krisis ekonomi global yang bisa mampir ke Indonesia kapan saja.

“Dengan UU JPSK, pengambilan keputusan bisa lebih cepat. Jangan seperti Eropa yang gonjang-ganjing akibat lambat mengambil keputusan,” jelasnya.

Saat ini, kata Hatta, pemerintah terus mempersiapkannya bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Revisi Rancangan UU JPSK akan segera disampaikan pemerintah kepada DPR tahun ini. RUU JPSK pertama kali diajukan pemerintah pada akhir 2008. Namun, pada pembahasannya mengalami kendala karena pemerintah dan DPR gagal bersepakat pada beberapa pasal krusial.

“Namun, kita tidak usah khawatir meski UU JPSK belum ada. Penanganan krisis, seandainya terjadi, akan tetap baik. Kita punya landasan yang lebih kuat, yaitu UUD 1945,” tegas Hatta.

Di saat sama, pemerintah juga terus memperkuat sektor riil sebagai basis penggerak perekonomian. Mesin pertumbuhan perekonomian utama yang perlu dijaga adalah ekspor dan konsumsi rumah tangga. Konsumsi rumah tangga perlu dipelihara dengan tetap mempertahankan daya beli masyarakat agar tidak turun.

Hatta mengukur fundamental ekonomi Indonesia saat ini lebih kuat dibanding tahun 2008. Namun untuk menjaga pertumbuhan, hal diatas perlu diperhatikan serius. “Itu menjadi bagian yang kita jaga terus,” katanya.

(adv/adv)
Rabu, 12/10/2011 15:34 WIB
Soros Kirim Surat Terbuka Soal Bahaya Krisis Eropa
Nurul Qomariyah – detikFinance
Berlin – Milyuner George Soros dan sekitar 100 orang top di Eropa bergabung membuat surat terbuka yang mengingatkan bahaya krisis utang Eropa bisa merusak sistem finansial gblobal.

“Eropa masih jauh dari sempurna. Krisis sekarang telah menunjukkan hal itu,” jelas Soros dan kawan-kawan dalam surat terbukanya yang dipublikasikan di harian bisnis Jerman, Handelsblatt dan dikutip AFP, Rabu (12/10/2011).

“Namun sebagai reaksi dari itu, kami perlu merevisi kelemahan dari tampilan mereka ketimbang membiarkan krisis semakin rusak, bahkan menghancurkan sistem finansial global,” jelas mereka.

Kelompok yang menyebut diri mereka sebagai ‘Orang-orang Eropa yang peduli’ itu meminta pemerintah untuk membangun sebuah institusi yang dapat menyediakan likuiditas bagi seluruh negara di kawasan Eropa, memperkuat pengawasan pasar finansial dan merevisi target pertumbuhan Uni Eropa.

Surat terbuka tersebut ditandatangani oleh mantan politisi terkemuka seperti mantan menteri keuangan Jerman Hans Eichel, mantan menteri luar negeri Prancis Bernard Kouchner dan Pedro Solbes yang juga pernah menjadi komisioner hubungan ekonomi dan moneter Uni Eropa. Ekonom terkemuka seperti Charles Goodhart dari Inggris dan Peter Bofinger dari Jerman juga ikut serta.

Krisis di Eropa hingga kini memang belum menampakkan tanda-tanda usai. Namun para pemimpin Eropa terus berupaya mencegah krisis yang berawal dari besarnya utang Yunani menjadi krisis perbankan. Terbaru, Belgia sepakat menyelamatkan bank Dexia yang terancam kolaps karena tingginya eksposur pada surat utang Eropa.
(qom/dnl)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: