Skip to content

playboy: recoverY (161) … 290911

September 29, 2011

NEW YORK- Pasar saham Amerika Serikat dan Eropa jatuh dalam akhir perdagangan Rabu (28/9), karena investor menjadi berhati-hati menjelang audit baru Uni Eropa-IMF atas Yunani dan pemungutan suara parlemen Jerman tentang rencana penyelamatan zona euro baru.

Dalam sesi yang maju-mundur kedua bursa AS dan Eropa dibuka lebih tinggi dan kemudian tenggelam ke arah penutupan, dengan saham AS mengalami penurunan tajam dalam jam terakhir perdagangan, mengakhiri tiga hari berturut-turut kenaikan optimis.

Indeks Dow Jones Industrial Average tergelincir 1,61% menjadi 11.010,90, sementara S&P 500 yang lebih luas menyerah 2,07% menjadi 1.151,06 dan komposit Nasdaq kehilangan 2,17% menjadi 2.491,58.

Semua 30 saham unggulan Dow jatuh, dipimpin oleh kerugian 4,9 persen Bank of America, yang menghadapi tuntutan hukum baru pemegang saham atas pembelian Merrill Lynch.

Sebelumnya indeks FTSE-100 London kehilangan 1,44 persen menjadi 5.217,63 poin, indeks CAC-40 di Oaris jatuh 0,92 persen menjadi 2.995,62 poin, dan indeks DAX 30 di Frankfurt meluncur 0,89 persen menjadi 5.578,42 poin. Madrid merosot 0,61 persen dan Milan turun 0,47 persen.

Membuka hari perdagangan Rabu, pasar saham Asia sebagian besar telah meningkat tetapi keuntungannya dibatasi oleh kurangnya bukti konkret rencana zona euro, kata para pedagang.

Euro juga jatuh kembali selama sehari menjadi 1,3536 dolar dari 1,3590 dolar akhir Selasa, setelah naik kuat selama dua hari.

Saham berada di bawah bayang-bayang dari dorongan di Eropa pada Rabu tentang proposal untuk pajak sektor keuangan, mengabaikan penentangan AS dalam sebuah tindakan yang juga pasti memprovokasi baris serangkaian ketakutan London atas pelarian modal dari kota itu.

Tetapi kekhawatiran utama sekarang adalah krisis Yunani yang sedang berlangsung.

“Tanda-tanda kemajuan dalam krisis utang zona euro mendorong keuntungan yang sehat pada Senin dan Selasa, namun para pedagang memilih untuk mengambil beberapa keuntungan menjelang pemungutan suara di Jerman mengenai usulan perluasan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa,” kata Elizabeth Harrow dari Schaeffer Investment Research di Amerika Serikat.

Mata tertuju pada misi baru untuk menilai kemajuan Yunani di bawah bailout Uni Eropa-IMF 110 miliar euro (150 miliar dolar AS), persetujuan akan menyebabkan pencairan baru delapan miliar euro yang bisa membantu Yunani menghindari default (gagal bayar) pada utangnya.

Saham di Eropa dan AS telah melonjak pada Senin dan Selasa di tengah harapan baru bahwa para pemimpin Eropa akan dapat mengatasi krisis utang.

“Pasar saham Eropa telah … memotong pendek rally mennakjubkan terakhir,” kata analis Rabobank Jane Foley pada Rabu.

“Realitas tampaknya telah teratur masuk. Laporan dalam pers keuangan saat ini menunjukkan Uni Eropa terpecah tentang bagaimana mengatasi krisis utang, yang dapat mengurangi sentimen investor.” Financial Times mengatakan bailout kedua Yunani telah mengalami kesulitan, dengan beberapa anggota zona euro mendorong kreditor swasta untuk mengambil “writedown” (penurunan nilai) lebih besar pada kepemilikan obligasi Yunani mereka.

Selain itu, ada kabar baik di bidang ekonomi untuk mendorong “bullishness”.

“Sementara zona euro tetap berada di kursi pengemudi, data AS yang lesu hanya membantu memperburuk kegelisahan Wall Street,” kata Harrow, menunjuk ke jatuhnya sedikit pesanan bulanan barang tahan lama untuk Agustus, sebuah indikator dari kekuatan manufaktur dan investasi.

Data stok energi AS pekan lalu, yang dirilis Rabu, menunjukkan perlambatan pertumbuhan konsumsi minyak dan bensin.

Sementara itu, dengan volatilitas masih menjadi masalah, pengawas pasar Uni Eropa ESMA, Rabu mengatakan, bahwa Spanyol dan Italia telah memperpanjang larangan “short-selling” saham-saham perbankan dan asuransi, yang berlaku sejak Agustus.

Sementara itu regulator pasar Prancis AMF menegaskan larangan short selling 10 saham akan tetap berlaku sampai 11 November.(ant/hrb)

http://www.investor.co.id/international/saham-global-jatuh-karena-kehati-hatian-jelang-audit-yunani/20953

Sumber : INVESTOR DAILY

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: