Skip to content

playboy: pertumbuhan domestik indo … 280911

September 28, 2011

‘Endogenous growth harus dipertahankan’

Oleh Bambang Priyo Jatmiko

Rabu, 28 September 2011 | 13:20 WIB

JAKARTA: Endogenous growth atau pertumbuhan yang didorong faktor dari dalam negeri harus dipertahankan untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah krisis global.

Staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Telisa Falianty mengungkapkan pertumbuhan ekonomi ditopang oleh faktor-faktor produksi, yang mencakup modal, tenaga kerja, serta produktivitas.

“Dalam hal ini pemerintah harus mampu menciptakan lapangan kerja guna menambah angkatan kerja. Untuk mencapai hal itu, pemerintah harus memberikan insentif kepada pelaku usaha, terutama sektor informal, seperti halnya pengurangan pajak untuk pelaku usaha kecil yang baru berjalan,” ujarnya hari ini.

Menurut Telisa, dengan memberikan insentif tersebut, sektor usaha kecil akan tumbuh. Selama ini pemerintah dinilai terlalu mengejar pendapatan pajak dengan mengesampingkan berbagai hal yang menyangkut pertumbuhan usaha kecil dan entrepreneurship.

“Selain menambah angkatan kerja, pemerintah juga perlu meningkatkan kapasitas dari tenaga kerja. Perekonomian China dan India bisa melaju karena tenaga kerjanya terdidik,” lanjut Telisa.

Dalam diskusi yang diselenggarakan EC-Think pekan ini, dikemukakan berbagai kemungkinan yang terjadi di perekonomian Indonesia akibat krisis global. Gejolak keuangan di pasar financial berpotensi menurunkan risk appetite investor global terhadap negara berkembang.

Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya capital outflow dari investasi portofolio. Di samping itu, negara berkembang seperti Indonesia akan sulit memperpanjang utang valuta asing yang jatuh tempo serta mengalami kesulitas mengakses kredit dari pasar keuangan internasional.

Dengan menjaga endogenous growth, Indonesia setidaknya memiliki ‘pengaman’, sehingga gejolak di pasar finansial tidak merambat ke sektor riil. (sut)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: