Skip to content

playboy: recoverY (114) … G20 is back (200911)

September 20, 2011

INILAH.COM, Jakarta – Pertemuan G20 yang akan berlangsung pada pekan ini akan membahas reformasi sistem keuangan global.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo di kantornya, Senin (19/9) malam. “Kalau yang reform di industri keuangan itu sebenarnya kelanjutan dari reform yang sama-sama kita lakukan yaitu bagaimana memperbaiki sistem keuangan, bagaimana atasi untuk memberikan solusi akan shadow banking, remunerasi eksekutif yang berlebihan, pengendalian rating agency ke tingkat yang lebih baik, semua yang terkait dengan sistema keuangan termasuk bassel III untuk bank. Yang untuk reform sistem keuangan internasional adalah regform yang dilakukan di World Bank dan IMF dan juga meliputi peningkatan modal,” paparnya.

Selain itu, lanjut Agus Marto, pertemuan tahunan G20 kali ini juga akan kembali membahas ketahanan pangan global termasuk dari sisi politiknya. Pasalnya, terganggunya kestabilan pangan lebih dirasakan negara-negara berkembang ketimbang negara maju.

“Kalau yang terkait food security adalah betul-betul untuk yakinkan di dunia itu negara-negara mempunyai inisiatif yang baik untuk jaga stabilitas pangan karena beberapa waktu lalu harga pangan kan melonjak dan membuat sulit banyak negara, tetapi bukan hanya masalah bagaiman menjaga stabilitas suplai dan demand tetapi juga peningkatan politik tentang pangan. Karena di negara-negara maju umumnya masalah pangan tidak terlalu dirasakan, tapi negara berkembang banyak yang punya masalah dengan harga pangan,” jelasnya.

Sementara mengenai kondisi ekonomi global teranyar juga akan menjadi agenda dalam pertemuan ini. “Indonesia akan berkesempatan untuk jelaskan tentang bagiamana ekonomi di indonesia dan inisiatif-inisiatif indonesia untuk meyakini Indonesia akan bisa ekonominya dengan baik,” pungkasnya.

Di sela-sela acara tersebut, menteri-menteri keuangan Asia Tenggara akan melakukan pertemuan informal yang agenda utamanya berupa pengesahan ASEAN Infrastructure Fund. Pengesahan ini juga akan dihadiri pejabat Asian Development Bank (ADB) sebagai salah satu pemegang sahamnya.

http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1776236/menkeu-g20-bahas-reformasi-keuangan-global

Sumber : INILAH.COM
Otoritas Yunani dan pejabat pemberi kredit internasional akan melanjutkan pembicaraan masalah pengucuran pinjaman hari ini, Selasa, 20 September 2011, yang akan menentukan apakah Yunani akan mendapat dana talangan atau mengalami gagal bayar.

Bursa global kembali berjatuhan akibat kekhawatiran Yunani akan mengalami gagal bayar akibat tidak mampu meyakinkan pejabat Komisi Eropa, Uni Eropa, serta Dana Moneter Internasional (IMF) bahwa negara tersebut bisa memenuhi target pengetatan anggaran sesuai yang dijanjikan, jika ingin dana pinjamannya kembali dikucurkan.

Setelah dalam pembicaraan jarak jauh dengan Menteri Keuangan Yunani berakhir tanpa keputusan, juru bicara dari Komisi Eropa, Amdeu Altajaf Tardio, mengatakan bahwa pembicaraan akan dilanjutkan hari ini. “Sementara diskusi teknis sedang berlangsung di Athena,” katanya.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Keuangan Yunani mengatakan pada diskusi dua setengah jam bahwa telah terjadi pembicaraan yang produktif dan substantif. Setelah tertundanya reformasi yang dilakukan oleh pemerintahan sosialis Yunani sesuai perjanjian, Uni Eropa dan kreditor internasional meningkatkan tekanan terhadap pemerintahan Athena.

Yang jelas terlihat adalah Yunani membutuhkan dana senilai 2 miliar euro (US$ 2,75 miliar) untuk menutupi defisit anggaran 2011. Para kreditor mengancam akan menahan kucuran paket pinjamannya yang keenam sesuai perjanjian Mei 2010 lalu. Penangguhan juga disertai penilaian terhadap pemotongan defisit anggaran dan target reformasi oleh inspektur senior dari IMF, ECB (bank sentral Eropa), serta Komisi Eropa secara kolektif yang disebut Troika, meskipun tim teknis tetap di Athena.

Penilaian ini harus diselesaikan sebelum dapat mengeluarkan rekomendasi Troika, apakah pemerintah Athena berhak menerima pinjaman senilai 8 miliar euro (US$ 11 miliar) yang keenam agar Yunani dapat terhindar dari gagal bayar pada pertengahan Oktober mendatang.

Meskipun ada janji dari Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos, kekhawatiran pemerintah Athena akan mengalami gagal bayar makin meningkat dan membuat harga saham di bursa global kembali jatuh.

Yunani saat ini sedang berjuang di tengah resesi akibat langkah penghematan yang menyebabkan tingginya pengangguran dan meningkatnya kemarahan rakyat. Sebelum melakukan pembicaraan dengan kreditor, Venizelos mengatakan pemerintah masih berusaha memperoleh pendapatan sebesar 3 miliar euro (US$ 4,1 miliar) di tahun depan sebelum digunakan untuk pembayaran bunga dan pinjaman.

Ekonomi Yunani diperkirakan akan mengalami kontraksi 5,5 persen tahun 2011 dan 2,5 persen tahun depan, menurut pemerintahan baru dan IMF. “Negara tidak bisa dapat maju tanpa pelaksanaan reformasi struktural utama untuk pencapaian target 2012,” kata Venizelos.

Pemerintah Yunani masih harus memenuhi komitmennya untuk menurunkan defisit anggaran 2011 menjadi 7,6 persen dari produk domestik bruto (PDB). Pemerintah telah mengumumkan pajak tambahan atas properti dan listrik untuk menutupi kekurangan anggaran.

http://www.tempointeraktif.com/hg/perbankan_keuangan/2011/09/20/brk,20110920-357155,id.html

Sumber : TEMPOINTERAKTIF.COM

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: