Skip to content

playboy: recoverY (110) … 190911

September 19, 2011

Asia menjadi pusat ekonomi dunia dengan menggeser posisi Amerika Serikat dan Eropa menyusul ancaman krisis utang yang melilit kedua benua raksasa tersebut.

Menurut Direktur Riset Ekonomi dan Keuangan Sabang-Marauke Circle, Perdana Wahyu Kusuma negara-negara Asia saat ini menjadi pemberi pinjaman terbesar untuk penyehatan AS, yang dipimpin China dan Jepang. Kawasan Asia dinilai oleh Standard & Poor’s tidak kebal terhadap imbas krisis global, namun masih memiliki daya tarik bagi investor dan pebisnis.

“China, Jepang, Korea, India, dan ASEAN berhasil meraup dana segar dari hot money asing,” tutur Wahyu di sela seminar ‘Krisis Keuangan AS dan Eropa serta Dampaknya terhadap Perekonomian Indonesia’, Jakarta, Senin (19/9).

Daya tarik itu, lanjurnya berupa pertumbuhan GDP yang tinggi dan inflasi yang terkendali disertai dengan meningkatnya nilai aset ekuitas dan obligasi. “Maka, diprediksi Asia khususnya negara berkembang akan mengambil peran yang lebih besar sebagai pusat grativikasi ekonomi global,” imbuhnya.

Ia mencontohkan Indonesia sebagai negara berkembang yang paling menarik di serta dengan Bursa Efek Indonesia yang menjanjikan imbal hasil yang cukup tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azhar Aziz menambahkan minat asing pasa pasar uang domestik terlihat dalam posisi Surat Berharga Negara (SBN) dengan dominasi valuta asing yang terus meningkat, meskipun SBN didominasi Rupiah masih tetap mendominasi (81,72%).

“Negara-negara berkembang seperti Asia menjadi magnet para investor untuk menanamkan modalnya terutama di pasar uang dan pasar saham,” tutur Harry.

http://www.imq21.com/news/read/41894/20110919/142121/Asia-Geser-AS-Eropa-sebagai-Pusat-Ekonomi-Dunia.html

Sumber : IMQ JAKARTA

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: