Skip to content

I heart you: seharusnya $14P … donK : 270811

August 27, 2011

Aliran Dana Asing Dinilai Sudah Over
Martin Bagya Kertiyasa – Okezone
Jum’at, 26 Agustus 2011 17:41 wib
okezone

JAKARTA – Adanya pelemahan dalam laju perekonomian global mengukuhkan Indonesia sebagai negara yang banyak dikunjungi oleh investor. Karenanya, banyak saham maupun Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dimiliki oleh investor asing.

Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN) menilai aliran dana yang masuk di perbankan dan Bank Indonesia (BI) sudah melewati batasan yang cukup alias over karena tidak ada yang menyerap.

“Apa yang bisa dilakukan? Kalau di China itu kan mengenakan pajak di pasar modal supaya aliran masuknya enggak cepat keluar. Tapi kan di kita tidak berani untuk itu,” ungkap Aviliani, kala ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (26/8/2011).

Lalu, apa yang kemudian harus dilakukan BI maupun pemerintah dalam menyerap aliran dana asing ini. Pasalnya dengan masih terbenturnya Amerika Serikat (AS) dan Eropa dalam krisis utang maka capital inflow dipastikan semakin deras masuk ke negara berkembang seperti Indonesia.
`
Aviliani menyebut, capital inflow harus dialihkan pada sektor-sektor riil yang ada di Indonesia. “Nah yang harus dilakukan adalah mentransfer itu ke sektor riil,” tutur dia.

Adapun cara untuk masuk pada sektor riil, kuncinya, kata dia, adalah dengan proyek-poyek Master Plan Percepatan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI). “Misalnya Pelindo, Pelindo ini kan begitu dia melakukan sesuatu banyak turunannya. Nah itu orang akan IPO, orang akan obligasi, nah ini yang belum dilakukan,” tambah dia.
(and)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: