Skip to content

I heart you: krismonyun (35) … 050711

July 5, 2011

‘Roll Over’ Obligasi Yunani = Gagal Bayar

Oleh: Ahmad Munjin
Pasar Modal – Selasa, 5 Juli 2011 | 06:00 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Selasa (5/7) diprediksi menguat terbatas. Penilaian ‘roll over’ obligasi Yunani sebagai gagal bayar, jadi penghambatnya.

Periset dan analis senior PT Monex Investindo Futures Albertus Christian mengatakan, terbatasnya potensi penguatan rupiah hari ini salah satunya masih dipicu faktor Yunani. Meski sentimen krisis utang negara itu sudah mereda, tapi kepanikan atas Yunani bisa muncul kembali.

“Sebab, kemarin, lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor’s Rating Service memperingatkan Yunani, bahwa mekanisme roll over obligasi Yunani pada berbagai perbankan di Eropa terutama Jerman dan Perancis bisa dikatakan sebagai default (gagal bayar),” katanya kepada INILAH.COM.

Sebab, lanjut Christian, roll over hanya menukar obligasi lama yang sudah jatuh tempo dengan obligasi baru dengan tenor yang lebih panjang hingga 30 tahun dan tingkat bunga yang tinggi. “Karena itu, roll over sebenarnya sama dengan default, karena obligas jatuh tempo tidak dibayar,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjutnya, secara teknikal, rupiah memperlihatkan pola konsolidasi. “Rupiah akan bergerak dalam kisaran trading yang cukup lebar 8.500-8.620 per dolar AS untuk melanjutkan konsolidasi sejak awal bulan Mei 2011. Paling-paling rupiah hari ini akan menguji level 8.500,” ujarnya.

Pada saat yang sama, pasar juga masih menunggu laporan kunci tenaga kerja AS yakni non-fram payrolls. Angkanya diperkirakan di level 87 ribu dari sebelumnya 54 ribu.

Seharusnya ini jadi sentimen positif bagi dolar AS karena memperlihatkan pelemahan ekonomi AS yang tampak sebelumnya hanya bersifat temporer. “Hanya saja, faktor positif itu ternetralisir oleh sentimen negatif limit utang AS sehingga dolar AS tetap tertekan,” ungkapnya.

Asal tahu saja, kurs rupiah di pasar spot valas antar bank Jakarta, Senin (4/7) ditutup menguat 24 poin (0,28%) ke level 8.519/8.529 per dolar AS.

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: