Skip to content

ya sudah lah: indon POSITIF … 250211

February 24, 2011

Fitch: RI Selangkah Lagi Investment Grade
Peringkat itu didukung pertumbuhan ekonomi yang kuat.
KAMIS, 24 FEBRUARI 2011, 19:18 WIB Nur Farida Ahniar

VIVAnews – Fitch Ratings menegaskan kenaikan outlook peringkat utang Indonesia dari BB+ outlook stabil menjadi BB+ outlook positif. Melalui peningkatan peringkat itu, Indonesia akan selangkah lagi menuju investment grade.

Senior Director and Head of Asia-Pacific Sovereign Ratings Fitch, analis utama untuk sovereign rating RI, Andrew Colquhoun, menyatakan bahwa outlook positif diberikan karena prospek kondisi ekonomi makro yang membaik. Situasi itu diyakini akan mendukung penguatan lebih lanjut credit profile, yang membawa sovereign rating RI ke kategori investment grade dalam waktu dekat. Fitch mengingatkan risiko jangka pendek terkait tekanan inflasi dan potensi risiko dari dampak arus modal yang volatile.

Dalam siaran persnya, Fitch menyatakan faktor kunci yang mendukung revisi outlook ini adalah pertumbuhan ekonomi yang kuat, jauh di atas rentang median ‘BB’ maupun median ‘BBB’. Hal lain yang dipandang positif, adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tidak diikuti oleh tekanan ketidakseimbangan pada posisi eksternal Indonesia, di mana pertumbuhan tingkat tabungan domestik sejalan dengan pertumbuhan investasi.

Selain itu, kinerja neraca pembayaran Indonesia khususnya neraca berjalan juga selalu terjaga sejak 1998. Bahkan, penguatan cadangan devisa mencapai US$96,2 triliun atau setara dengan tujuh bulan impor dan pembayaran utang, menjadi faktor kritikal yang mendukung credit profile Indonesia.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, penetapan outlook positif pada sovereign credit rating Republik Indonesia mencerminkan kepercayaan internasional terhadap kredibilitas otoritas perekonomian dalam mengelola perekonomian Indonesia, di tengah risiko tekanan inflasi serta tantangan ekonomi saat ini.
“Indonesia hanya selangkah lagi menuju kategori investment grade,” ujar Darmin dalam rilisnya di Jakarta, Kamis, 24 Februari 2011.

Menurut dia, fundamental makroekonomi yang kokoh dan tingkat investasi yang semakin meningkat akan mendukung pertumbuhan ekonomi berikutnya. Indonesia diharapkan mampu mengejar gap yang masih ada untuk segera memasuki kategori investment grade dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Lembaga pemeringkat Moody’s Investors Services juga telah menaikkan peringkat utang Indonesia dari posisi Ba2 menjadi Ba1. (art)
• VIVAnews
Fitch Upgrade Outlook RI Jadi Positif
Kamis, 24 Februari 2011 – 17:33 wib
Andina Meryani – Okezone

JAKARTA – Kabar baik bagi atmosfir investasi dan perekonomian Indonesia. Pasalnya lembaga rating internasional, Fitch, meng-upgrade outlook sovereign rating Indonesia menjadi “BB+ dengan positive outlook” dari yang sebelumnya “BB+ dengan stable outlook”. Perbaikan kredit profil RI ini menjadi penentu dari upgrade atas outlook sovereign rating RI.

“Pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan investasi yang tinggi yang diiringi oleh peningkatan tabungan domestik dan kinerja neraca pembayaran khususnya surplus neraca berjalan dan peningkatan cadangan devisa menandakan terus terjaganya stabilitas ekonomi makro,” ujar Kepala Biro Humas Bank Indonesia (BI) Difi A Johansyah, dalam keterangan tertulisnya yang diterima okezone, di Jakarta, Kamis (24/2/2011).

Adapun upgrade Fitch ini juga merefleksikan optimisme sekaligus kepercayaan lembaga rating terhadap kredibilitas serta kemampuan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengatasi berbagai tantangan yang tengah dihadapi termasuk peningkatan tekanan inflasi serta besarnya arus modal masuk.

“Menurut analisa Fitch, positive outlook merefleksikan probabilitas yang lebih besar bagi sovereign rating Indonesia untuk mendapatkan upgrade dalam jangka waktu 12 sampai dengan 18 bulan,” tandasnya.

(rhs)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: