Skip to content

ya sudah lah: krisis harga pangan (2): 130111

January 13, 2011

Menkeu: Soal Pangan, Indonesia dalam Bahaya
Harga pangan terus melambung. Sejumlah negara memutuskan menghentikan ekspor.
KAMIS, 13 JANUARI 2011, 17:10 WIB Hadi Suprapto

VIVAnews – Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan melambungnya harga pangan dunia bisa membahayakan posisi Indonesia. Ini karena sejumlah eksportir pangan menahan tidak menjual stok bahan makanan.

“Bila produsen pangan menahan ekspor, ini bisa membahayakan Indonesia,” kata Agus di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Kamis, 13 Januari 2011.
Kepala Badan Pusat Statisik, Rusman Heriawan sebelumnya memperingatkan bahwa dua negara eksportir beras terbesar dunia, yakni Vietnam dan Thailand akan menahan ekspor pangannya tahun ini. Mereka akan menjaga stok domestik karena lonjakan harga beras dunia.

Menurut Agus, laju inflasi yang tidak terkendali akan terjadi bila harga komoditas di pasar dunia terus melambung. Hal ini sebenarnya sudah terjadi pada tahun lalu. Saat itu laju inflasi jauh melesat di atas target pemerintah. “Kalau inflasi yang meningkat, rakyat langsung kena karena daya belinya hilang,” ujar dia.

Agus berharap keputusan pemerintah memberikan jatah beras miskin sebanyak dua kali pada Desember 2010 lalu bisa sedikit mengendalikan inflasi. “Pemerintah akan menjaga inflasi agar tidak menyulitkan rakyat,” kata Agus. Menkeu mengatakan, pemerintah juga terus berupaya mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan.

Harga pangan dunia melonjak selama Desember 2010, dengan Indeks Harga Pangan FAO mencapai rekor tertinggi. Kenaikan harga pangan itu melebihi yang terjadi pada 2008, ketika lonjakan menyebabkan kerusuhan di sejumlah negara.

Indeks yang menghitung perubahan harga kumpulan bahan pangan seperti sereal, bijih minyak, susu, daging, dan gula rata-rata mencapai 214,7 pada Desember 2010. Sedangkan rekor Juni 2008 hanya di level 213,5. (hs)
• VIVAnews

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: