Skip to content

ya sudah lah: pengetatan china … 201210

December 20, 2010

Pasar Properti Cina Diambang Bangkrut
Selasa, 06 Juli 2010 | 10:04 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pasar properti Cina sedang menuju kolaps. Kondisi ini bakal memukul sistem perbankan negara Tirai Bambu itu.

“Anda mulai melihat bahwa properti menuju kolaps dan akan memukul sistem perbankan,” kata Kenneth Rogoff, Profesor di Universitas Harvard dan mantan pimpinan ahli ekonomi untuk IMF kepada Bloomberg televisi di Hong Kong hari ini.

Pemulihan ekonomi global yang berjalan sangat lamban memberi sinyal bahaya akan kembali muncul resesi. Dan, Cina saat ini sebagai pemimpin dunia untuk pemulihan ekonomi global.

Menurut Rogoff, pejabat pemerintah Cina memang telah memiliki banyak cara dengan manajemen yang kompeten untuk mencegah runtuhnya pasar properti. Namun, Rogoff menilai hal itu tidak mudah untuk dilakukan.

Pejabat otoritas Cina tahun ini telah berusaha meredam pertumbuhan ekonominya di level 11.9 persen pada kuartal pertama tahun ini. Hal ini untuk mengurangi spekulasi di pasar properti.

Bank Sentral juga telah memberitahu para penjual properti untuk lebih meningkatkan cadangan keuangan mereka. Bank Sentra juga menargetkan pemotongan 22 persen pertumbuhan kredit bank tahun ini menjadi 7,5 triliun yuan atau setara US$ 1,1 triliun.

Usaha-usaha ini justru berkontribusi memerosotkan penjualan real estate pada saat harga-harga merangkak naik. Nilai penjualan properti pun jatuh 25 persen pada Mei lalu dibandingkan April.

Goldman Sachs pekan lalu telah memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi Cina tahun ini dari 11,4 persen menjadi 10,1 persen. Ini sebagai akibat dari langkah pengetatan moneter oleh Cina.

Namun langkah pengetatan moneter, menurut Rogoff, sebagai hal yang tidak realistik untuk mengharapkan agar Cina melanjutkan pertumbuhan ekspornya ke berbagai belahan dunia seperti yang terjadi saat ini. “Ini tidak mungkin. Mereka harus mempertajam kembali strateginya pada pertumbuhan ekonomi.”

MARIA

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: