Skip to content

ya sudah lah: uji nyali investor global … 021210

December 2, 2010

Spanyol lepas obligasi US$2,3 miliar
Kamis, 02/12/2010 18:08:22 WIB bisnis
Oleh: Bloomberg
MADRID: Untuk pertama kalinya sejak imbal hasil surat utang pemerintah mencapai rekor tertinggi dalam 10 tahun setelah bail-out Irlandia, Pemerintah Spanyol akan menjual obligasi negara sedikitnya US$2,3 miliar (1,75 miliar euro) untuk menguji sentimen pasar.

Obligasi yang dijual bernilai antara 1,75 miliar hingga 2,75 miliar euro dengan tenor 3 tahun dan imbal hasil 4,06%, atau hampir empat kali lipat dari surat utang pemerintah Jerman dengan jatuh tempo yang sama.

“Dengan persyaratan refinancing yang akut pada awal tahun depan, sangat perlu sentiment yang cukup positif agar Spanyol bisa mengakses pasar. Kalau tidak, nasib mereka bisa seperti Northern Rock [bank Inggris yang dinasionalisasi pada 2008],” kata John Anderson, Kepala Kredit Gartmore Investment Management Ltd di London.

Spread imbal hasil yang dimintakan investor atas surat utang pemerintah Spanyol bertenor 10 tahun dibandingkan dengan surat utang pemerintah Jerman meroket hingga mencapai level tertinggi di kawasan euro pada 30 November.

Itu terjadi akibat bail-out Irlandia dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) memicu spekulasi bahwa Spanyol atau Portugal berpotensi ikut meminta bantuan dana dari UE. Spread imbal juga kian membebani pemerintah Spanyol karena perbankan di sana mengurangi pembelian obligasi.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan Spanyol, pemerintah setempat mengantongi obligasi negara sekitar 45 miliar eruo yang jatuh tempo pada tahun depan, atau naik dari 32 miliar euro pada 2010. Pembayaran tahap pertama sebesar 15,5 miliar euro mesti dilakukan pada April 2011.

Data bank sentral Spanyol (Bank of Spain) mencatat perbankan negara tersebut harus melakukan refinancing sekitar 85 miliar euro pada tahun depan, dan sekitar 10% dari outstanding surat utang akan jatuh tempo pada semester I/2011.

Menurut Nikolaos Panigirtzoglou, strategist JPMorgan Chase & Co, bank-bank Spanyol akan sangat sulit mendanai pembelian surat utang pemerintah kalau tanpa bantuan bank sentral Eropa (ECB). Perbankan diperkirakan makin tertekan pada tahun depan seiring beban refinancing yang memuncak pada Maret-April 2011.

Data Kemenkeu juga menunjukkan perbankan setempat memegang sekitar 26% dari outstanding surat utang pemerintah. Mereka telah menurunkan kepemilikannya pada obligasi negara dari 33% pada akhir 2009. (dea/bsi)

Bank Sentral Eropa Hadapi Tekanan Redakan Krisis Eropa

Kamis, 2 Desember 2010 – 14:54 wib
Andina Meryani – Okezone
FRANKFURT – Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) berada di bawah tekanan pasar untuk segera bertindak membantu zona Eropa keluar dari krisis utang yang dapat melumpuhkan dan memicu ketakutan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa. 

ECB diharapkan mampu melakukan langkah cepat untuk membuat kebijakan anti-krisis baru seperti memperluas pembelian obligasi pemerintah, dan membantu penstabilan Euro dan pengangkatan bursa saham.

Namun, sejumlah analis memprediksi bahwa risiko pasar ECB tetap akan mengecewakan, karena ECB hanya akan memutuskan pada pertemuan bulanan untuk membuka keran likuiditas perbankan zona Eropa yang akan tetap terbuka lebar dan hanya mengisyaratkan pembelian obligasi pemerintah.

“Tindakan tersebut justru akan menambah risiko dan pasar mungkin akan kecewa dengan hasil hari ini,” ungkap laporan Citigroup sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (2/12/2010).

Komisaris Ekonomi dan Moneter Uni Eropa, Olli Rehn mengatakan tindakan Uni Eropa baru-baru ini memberikan dasar yang kuat untuk langkah-langkah stabilisasi lebih lanjut oleh bank sentral. Presiden Uni Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan keyakinannya bahwa ECB akan melakukan apapun yang diperlukan untuk mencegah krisis lebih dalam.

“Saya yakin ECB sedang menganalisis situasi saat ini dan akan mengambil keputusan yang diperlukan untuk menjamin stabilitas keuangan dari zona euro,” katanya.

Pelaku pasar sekarang menunggu untuk melihat bagaimana Presiden ECB Jean-Claude Trichet akan merespons kondisi tersebut pada hari ini. Mereka yang paling bersemangat mengharapkan keputusan ECB akan meningkat pembelian obligasi pemerintah sebagaimana pernah diluncurkan pada Mei setelah Yunani diselamatkan.(adn)(rhs)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: