Skip to content

ya sudah lah: saat kreditor GLOBAL berak$1 … 021210

December 2, 2010

Dana talangan The Fed capai US$3,3 triliun
Kamis, 02/12/2010 18:00:43 WIB bisnis
Oleh: Dewi Astuti
JAKARTA: Bank investasi AS, perbankan asing, hedge-fund, hingga perusahaan makanan cepat saji seperti McDonald’s merupakan penerima dana talangan (bail out) Federal Reserve sebesar US$3,3 triliun selama krisis keuangan global 3 tahun terakhir.

Demikian terungkap dari keterbukaan informasi bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) terkait transaksi untuk menstabilisasi pasar di tengah krisis keuangan. Informasi dicantumkan dalam situs resmi The Fed, hari ini.

The Fed memublikasikan daftar penerima paket bantuan bail-out atas perintah Kongres yang juga sejalan dengan aturan di UU tentang Reformasi Sistem Keuangan atau dikenal dengan sebutan Dodd-Frank Wall Street Reform Act.

“Ada 21.000 transaksi kredit individu dan lainnya untuk menstabilkan pasar selama periode 1 Desember 2007 hingga 21 Juli 2010. Sebagian besar transaksi dilakukan melalui berbagai fasilitas kredit yang kebanyakan bertenor pendek,” tulis The Fed seperti dikutip Bisnis dari situs resminya.

Informasi yang diungkap meliputi nilai transaksi dan suku bunga yang dikenakan, mulai dari 6 program kredit dan pertukaran mata uang dengan bank sentral lain, pembelian sekuritas berbasis kredit perumahan (mortgage), hingga penyelamatan Bear Stearns Cos dan American International Group Inc (AIG).

Bank of America Corp dan Wells Fargo & Co adalah di antara penerima pinjaman terbesar dari kategori program Term Auction Facility masing-masing US$45 miliar. Ada juga bank asing, di antaranya Bayerische Landesbank asal Jerman meminjam US$7 miliar, Shinhan Financial Group Co asal Korsel menarik US$ 100 juta.

UBS AG tercatat sebagai peminjam terbesar dari program Commercial Paper Funding Facility dengan mengambil kredit 11 kali sebesar US$74,5 miliar. Goldman Sachs Group Inc memanfaatkan kredit dari program Primary Dealer Credit Facility hingga US$24 miliar pada Oktober 2008.

Perusahaan asuransi AS, AIG, adalah penerima bail-out terbesar yaitu US$60,2 miliar. Perusahaan seperti General Electric Co mengakses program The Fed sebanyak 12 kali dengan total US$16 miliar dari Commercial Paper Funding Facility (CPFF).

McDonald’s, meskipun tidak masuk dalam daftar penerima kredit CPFF, diuntungkan dari fasilitas tersebut melalui statusnya sebagai sponsor Golden Funding Corp yang menjual paper commercial sebanyak US$203,5 juta.

Pimco mengambil bantuan dari Term Asset-Backed Securities Loan Facility (TALF) dengan total US$7,25 miliar, sedangkan MSD Capital LP, hedge-fund milik perusahaan computer Dell juga ikut memanfaatkan fasilitas bank sentral.

Senator Bernard Sanders dari kubu independen, mengatakan yang paling mengejutkan adalah besaran dana untuk membail-out bank dan perusahaan swasta asing. Dia menegaskan dirinya bersama anggota Kongres lain akan mengamati secara ekstensif semua aspek fungsional Federal Reserve.

“Ini bukan akhir dari sebuah proses, tetapi langkah signifikan menuju pembukaan kedok rahasia yang eksis di salah satu badan paling berkuasa di pemerintah,” jelas senator wakil Vermont itu, seperti dikutip Bloomberg. (bsi)

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: