Skip to content

ya sudah lah: irish won’t be perished (6) …301110

November 30, 2010

Pemerintah Irlandia akan menanggung biaya bunga atas pinjaman darurat (bailout) dari International Monetary Fund (IMF) dan Uni Eropa (UE).

Langkah ini merupakan bagian dari perjanjian untuk melindungi pemegang saham perbankan dan mempertahankan kebijakan pajak perusahaan di level rendah. Jika memperhitungkan imbal hasil obligasi dan suku bunga kredit, rata-rata biaya pinjaman total bantuan itu sekitar 5,8%.

Menteri Keuangan Irlandia Brian Lenihan kemarin mengatakan negara itu mendapatkan pinjaman darurat senilai US$90 miliar (67,5 miliar euro) dengan durasi 7,5 tahun dari UE dan IMF.

Sumber : BISNIS.COM
Selasa, 30 November 2010 | 07:46 oleh Barratut Taqiyyah, Bloomberg
kontan
PERGERAKAN EURO
Bailout Irlandia diprediksi gagal, euro kian tak bertenaga

NEW YORK. Euro melemah ke level terendah dalam dua bulan terakhir atas dollar dan yen. Anjloknya posisi euro disebabkan oleh spekulasi bahwa bailout Irlandia sebesar 85 miliar euro gagal mencegah penyebaran krisis utang di kawasan Eropa.

Mata uang Eropa ini diramal bakal menjadi mata uang dengan performa paling buruk pada bulan ini terhadap 16 mata uang utama dunia. “Apa yang terjadi pada mata uang euro hari ini adalah akibat krisis utang Eropa meskipun sudah ada bailout yang dikucurkan,” jelas Aroop Chatterjee, currency strategist Barclays Plc di New York.

Dia menambahkan, sejumlah langkah sudah dilakukan untuk menenangkan pasar. “Namun, faktor ketidakpastian jauh lebih banyak sehingga pasar masih melakukan aksi jual euro,” jelasnya.

Pada pukul 17.00 waktu New York, euro melemah 0,9% menjadi US$ 1,3125. Bahkan sebelumnya, euro sempat menyentuh level US$ 1,3064, posisi paling lemah sejak 21 September lalu.

Sementara itu, euro melemah atas yen ke level 110,60 dari 111,37. Sedangkan yen mengalami depresiasi atas dollar sebesar 0,2% menjadi 84,26 per dollar dari 84,10 yen pada 26 November.

Penyelamatan Krisis Eropa Disepakati
Selasa, 30 November 2010 – 09:14 wib

BRUSSELS – Jerman dan Prancis telah mencapai kesepakatan tentang mekanisme penyelamatan permanen di masa depan untuk menyelesaikan krisis utang di Zona Euro. Mekanisme baru akan diperkenalkan pada 2013.

Poin utama kesepakatan ini segera diumumkan setelah para menteri keuangan Zona Euro menyetujui penyelamatan Irlandia. Penyelamatan akan dilakukan agar krisis tidak menyebar ke Portugal dan Spanyol. Mekanisme penyelamatan permanen akan menggantikan struktur sementara yang dibentuk pada Mei lalu.

”Prancis dan Jerman mendesak para menteri negara-negara anggota Zona Euro (Ecofin) mengirimkan sinyal jelas kepada sektor swasta atas mekanisme permainan. Kesepakatan telah dicapai,” kata sebuah sumber di Uni Eropa (UE) kemarin.

Beberapa menteri keuangan juga meminta diskusi diperluas ke isu stabilisasi mata uang euro. Sementara para ekonom mengatakan bahwa untuk mencegah penyebaran krisis utang dari Zona Euro butuh detail mekanisme permanen atas resolusi krisis utang. Jerman dan Prancis mengusulkan pembentukan Fasilitas Stabilisasi Keuangan Eropa (EFSF).

Lembaga baru ini bertugas membantu negara-negara di Zona Euro yang mengalami krisis utang. Tapi, lembaga ini harus diganti dengan struktur yang permanen pada 2013. Jerman dan Prancis berpendapat, sistem yang permanen harus melibatkan pemegang obligasi seperti bank, dana pensiun, dan kendaraan investasi lainnya.

Ini dilakukan agar bisa menghindari kerugian jika suatu negara dinyatakan gagal bayar (default) atau harus melakukan restrukturisasi utangnya. Ada kekhawatiran di pasar keuangan atas kerugian besar pemegang obligasi jika harus melakukan penurunan nilai surat utang mereka.

Sebuah sumber memaparkan Komisi Hubungan Ekonomi dan Moneter Eropa Olli Rehn, Presiden UE Van Rompuy, dan para pemimpin Zona and Gubernur Bank Sentral Zona Euro Jean- Claude Juncker mendiskusikan isu tersebut.

”Mereka memberi lampu hijau kepada mekanisme permanen. Ini 90 persen terinspirasi oleh EFSF, memberikan dasar hukum yang kuat untuk menyenangkan Jerman, peran yang jelas untuk Dana Moneter Internasional (IMF), dan partisipasi sektor swasta,” ujar sumber lainnya.

Gubernur Bank Sentral Prancis Christian Noyer kemarin menyatakan tidak ragu atas bailout Irlandia senilai 85 miliar euro. ECB dan Irlandia telah mencapai kesepakatan.

“Paket (bailout) telah didesain oleh IMF dan UE dan Anda bisa mengandalkan pengalaman panjang IMF dalam memberikan bailout yang kredibel. Tidak ada keraguan sama sekali bailout akan bekerja dengan baik,” kata dia saat menjelaskan bailout senilai USD113 miliar untuk Irlandia tersebut. “IMF akan memberikan arahan restrukturisasi sektor keuangan (Irlandia),” imbuh dia.

Minggu lalu Eropa sepakat memberikan bailout kepada Irlandia dan aturan baru bagi penyelamatan di masa mendatang. Syarat IMF yang ketat diprediksi akan memberikan pukulan yang keras kepada investor obligasi Pemerintah Irlandia. Pernyataan Noyer muncul seiring melemahnya mata uang euro di Asia pada posisi terendah sepanjang dua bulan terakhir. (ahmad senoadi)(Koran SI/Koran SI/ade)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: