Skip to content

ya sudah lah: irish will not be perished (2) : 211110

November 21, 2010

Pemain Obligasi Tinggalkan Portugal dan Spanyol
Headline

Oleh: Andika Sugiarto
Ekonomi – Minggu, 21 November 2010 | 13:28 WIB

INILAH.COM, New York – Hasil kesepakatan pemerintah Irlandia, Uni Eropa dan IMF untuk mengatasi krisis utang, menimbulkan kekhawatiran akan sama dengan Portugal atau Spanyol. Banyak bond traders akan keluar dari negara tersebut.

Penilian itu diungkap para bond traders karena Portugal seperti halnya Irlandia memiliki perekonomian kecil dengan pasar utang relatif tidak likuid. “Jika Anda melihat sebuah baket untuk Irlandia, kami akan berharap bahwa dampak menulasnya akan terbatas. Tetapi investor tampaknya memilik keluar dari negara-negara ekonomi kecil satu demi satu termasuk meninggalkan Portugal karena sangat berisiko,” kata Ian Harnett, Managing Director Absulute Strategy Research.

Imbal hasil obligasi Irlandia meingkat dalam beberapa pekan terakhir. Ini sebagai akibat kekhawatiran tentang kemampuan pemerintah untuk memenuhi biaya penyelamatan sektor perbankan yang lumpuh cukup riskan. Pejabat Eropa meningkatkan tekanan terhadap Irlanida untuk mengajukan permohonan penyelamatan karena khawatir gejolak akan menyebar ke pasar obligasi. Hal ini mendorong biaya pinjaman untuk Portugal dan Spanyol menjadi lebih rendah.

Untuk yield obligasi 10 tahun Portugal turun lagi ke baawh 7%. Tingkat ini pernah diusulkan Menteri keuangan sebagai hal yang sifatnya sementara. Setelah mencapai 7,1% minggu lalu karena gejolak kredit Irlandia mencapai puncaknya. [hid]

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: