Skip to content

ya sudah lah: diterima AJA … 171110

November 17, 2010

Eropa Takut Krisis Makin Menjalar
Headline
Oleh: Andika Sugiarto
Ekonomi – Selasa, 16 November 2010 | 20:48 WIB

INILAH.COM, Brussels – Para pejabat Eropa semakin khawatir bahwa krisis utang Eropa akan menyebar lebih jauh. Dengan pengalaman krisis Portugal memungkinkan membuat rencana penyelamatan baru.

Rencana itu diperuntukan untuk mengatasi krisis Irlandia yagn sudah berlangsung sejak enam bulan lalu. Namun, Irlandia telah bersikeras bahwa mereka memiliki dana cukup untuk menjaga itu terjadi sampai musim semi. Portugal mengatakan, juga tidak membutuhkan bantuan dan menekankan berada dalam posisi yang lebih kuat dari Irlandia.

Situasi yang terjadi saat ini terasa menakutkan mirip dengan apa yang terjadi bulan lalu di Yunani, di mana biaya pinjaman meningkat cukup drastis.

Otoritas Eropa bersiap membuat program paket penyelamatan agar dapat membantu pemulihan ekonomi dan penciptaan baru dana penyelamatan Eropa untuk menangkis kepanikan di masa depan terhadap investor obligasi yang uangnya diperlukan oleh negara-negara untuk membiayai kembali utang mereka.

Tapi dengan melemahnya kondisi ekonomi, pasar sekali lagi mengalami kekacauan. Akibatnya penyelamatan Irlandia dirasa tidak lagi cukup. “Jika Irlandia meminta bantuan, maka Anda harus melihat apa yang terjadi di Portugal juga,” kata pejabat lembaga tersebut Senin (15/11) di Brussels.

Meskipun desakan dari pejabat Irlandia yang menyatakan bahwa hanya industri perbankannya saja yang memerlukan bantuan modal tambahan. Para investor terus bertaruh pada penyelamatan Irlandia secara keseluruhan. Mereka memilih untuk tetap bertaruh pada imbal hasil surat utang negara pada hari Senin kemarin.

Imbal hasil Portugal meningkat menjadi 6,7 persen, menggarisbawahi keprihatinan yang muncul di Brussels, pusat administrasi Uni Eropa akan bertanggung jawab mengadopsi rencana untuk menopang perekonomian Irlandia tanpa mengatasi kemungkinan bahwa gejolak dapat berimbas ke Portugal, atau bahkan Spanyol.

Seperti Irlandia, Portugal telah berjuang untuk tumbuh di bawah rezim mata uang euro. Meskipun Portugal telah mengumpulkan dana yang cukup akhir-akhir ini dari pasar obligasi, defisit anggaran telah mencapai 9 persen dari PDB lebih tinggi dari batas 3 persen bagi negara-negara di zona euro. Dengan pertumbuhan ekonomi yang lemah dan lambat, investor cemas bahwa Portugal juga akan kehabisan dana. [hid]

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: