Skip to content

ya sudah lah: siklus super … 151110

November 15, 2010

Senin, 15/11/2010 09:05:08 WIB
Ekonomi China akan lampaui AS pada 2020
Oleh: Bloomberg
SINGAPURA: China akan melampaui AS untuk menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2020, menurut Standard Chartered Plc.

“Kami yakin bahwa dunia sedang dalam ‘siklus super’ pertumbuhan tinggi berkepanjangan,” kata para ekonom yang dipimpin Gerard Lyons dalam sebuah laporan hari ini. “Skala perubahan dalam 20 tahun mendatang akan menjadi sangat besar.”

Lyons mengatakan ekonomi China akan menjadi dua kali lebih besar dari AS pada 2030 dan akan mencakup 24% hasil produksi global, meningkat dari 9% saat ini. India akan melewati Jepang untuk menjadi negara dengan ekonomi terbesar ketiga pada dekade mendatang, menurut laporan tersebut.

Dunia akan mengalami “siklus super” ketiga, yang diartikan sebagai “sebuah periode pertumbuhan global tinggi dalam sejarah, yang bertahan selama satu generasi atau lebih lama, didorong oleh peningkatan perdagangan, tingginya investasi, urbanisasi dan inovasi teknologi, dengan ciri-ciri munculnya ekonomi baru yang besar terlihat dari pertumbuhan sangat cepat di negara-negara berkembang,” tulis Standard Chartered.

Standard Chartered juga menambahkan, siklus super pertumbuhan sebelumnya ditandai dengan mata uang stabil yang dapat berkaitan erat dengan emas atau perak, persatuan mata uang dan perjanjian Bretton Woods. Kekhawatiran saat ini mengenai “perang mata uang” menyoroti tantangan dengan sistem yang ada saat ini, menurut bank tersebut.

“Kemungkinan perubahan formal dalam kestabilan mata uang pada level global tidak dapat dihindari,” menurut laporan tersebut. “Namun, untuk konteks sekarang, hal itu sulit diprediksi. Intervensi mata uang lebih besar mungkin terhadi, dan seiring waktu berjalan, kita dapat melihat lebih banyak negara mengendalikan mata uang dan mata uang acuan dapat menjadi semacam norma untuk kebijakan mata uang.”

Siklus super sebelumnya terjadi mulai tahun 1870 hingga 1913, dan pada saat perang dunia hingga awal 1970an, menurut Standard Charted. (t04/ln)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: