Skip to content

ya sudah lah: euro DIKEPUNK utanK … 121110

November 12, 2010

Jumat, 12/11/2010 07:03:12 WIB
Krisis utang kembali jatuhkan bursa Eropa
Oleh: Bloomberg
LONDON: Mayoritas bursa Eropa tertekan, dipicu oleh kekhawatiran bahwa beberapa negara dengan jumlah utang terbanyak di kawasan tersebut terpaksa harus merestrukturisasi sistem keuangan mereka.

Penurunan juga dipicu oleh jatuhnya saham perusahaan teknologi karena laporan pendapatan Cisco System Inc yang tidak sesuai dengan estimasi analis.

Saham Bank of Ireland Olc memotori penurunan saham perbankan dengan anjlok 7,9%. Saham Alcatel-Lucent SA jatuh 2,8%, memotori penurunan saham perusahaan teknologi. Allianz SE, perusahaan asuransi terbesar Eropa melemah setelah para pembuat kebijakan Eropa mempertimbangkan untuk mengeluarkan kebijakan yang lebih ketat bagi industry asuransi.

Sementara itu, saham perusahaan tambang mencatatkan reli setelah harga tembaga naik dan langkah Moody’s Investor Service yang menaikan peringkat utang China.

Indeks acuan Stoxx Europe 600 sedikit berubah pada level 271,39 pada pukul 16:30 waktu London dimana tiga saham jatuh untuk setiap saham yang naik. Indeks acuan telah jatuh 15% dari 15 April sampai 25 Mei di tengah-tengah kekhawatiran bahwa upaya negara-negara dengan utang terbanyak di Eropa untuk emngatasi deficit keuangan mereka justru akan menghambat pemulihan ekonomi.

Permasalahan utang negara-negara Eropa “merupakan sebuah permasalahan yang tidak akan terselesaikan dengan mudah. Untuk menyelesaikan hal ini dibutuhkan sebuah kebijakan fiskal penting yang melibatkan seluruh pihak yang terkait. Perkembangan masalah ini tidak akan terlihat baik,” ujar Yianos Kontopoulos, CEO EFG Eurobank Ergasias SA yang berbasis Athena dalam sebuah wawancara televisi dengan Bloomberg.

Indeks acuan National pada 14 dari 18 bursa Eropa barat jatuh. Indeks Irlandia ISEQ melemah 1,6%, memperpanjang penurunan sehari sebelumnya yang mencapai 2,2%. Indeks Portugal PSI-20 tertekan 1,5% sementara indeks Yunani ASE jatuh 1,1%.

Saham Bank of Ireland anjlok 7,9% menjadi 38,4 sen euro, sementara saham National Bank of Greece SA, bank terbesar Yunani, jatuh 3,2% menjadi 7,25 euro.

Saham Alcatel-Lucent, produsen telekomunikasi terbesar di Prancis, jatuh 2,8% menjadi 2,21 euro, menyebabkan pergerakan saham perusahaan teknologi 1% lebih rendah.

Saham Cisco, produsen peralatan jaringan komputer terbesar di dunia, anjlok 15% di perdagangan New York setelah menyatakan bahwa pendapatan pada kuartal kedua akan mencapai US$10,1 miliar-US$10,3 miliar sementara laba maksimal akan mencapai 35 sen per saham. Analis memprediksi Cisco akan membukukan penjualan sebesar US$11,1 miliar dan laba per saham sebesar 42 sen. (T02/ln)

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: