Skip to content

ya sudah lah: china tumbuh … 211010

October 21, 2010

Beijing Data September dari Biro Statistik Nasional (BPS) China mengungkapkan, pertumbuhan perekonomian China melambat pada kuartal tiga 2010, menjadi 9,6% secara tahunan.

Situasi ini mencerminkan pelambatan ekonomi, dari 11,9% pada kuartal pertama, kemudian 10,3% pada kuartal dua. Demikian menurut laporan China Daily. Namun kondisi ini sebenarnya sejalan dengan tujuan pemerintah, yang ingin menahan laju petumbuhan.

Hal yang meresahkan pemerintah adalah, sementara pertumbuhan melambat, inflasi makin melesat. Harga-harga konsumen naik 3,6% pada September dan harga produsen naik 4,3%. Ini berarti, perusahaan mencoba melindungi konsumen dari tingkat inflasi yang mereka alami. Indeks harga konsumen (CPI) Agustus hanya 3%.

Selain itu, komponen makanan dalam CPI naik 6,1%, sehingga kalangan termiskin akan mengalami imbas terbesar. Jadi tak heran bila China hanya menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Inflasi tersu melaju, meskipun China berhasil memperlambat ekonominya.

Sumber : INILAH.COM
BEIJING, Oct 21, 2010 (AFP)
China’s economy grew 9.6 percent in the third quarter of 2010 compared with the same period a year earlier, the government said on Thursday.

Lembaga Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) merevisi ke atas pertumbuhan ekonomi kawasan Asia menjadi sebesar 8% atau lebih tinggi dari proyeksi awal yang sebesar 7%. Khusus Indonesia, IMF meramalkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap akan tumbuh sesuai prediksi awal yakni 6%.

Direktur IMF untuk Departemen Asia dan Pasifk Anoop Singh mengatakan revisi ke atas pertumbuhan ekonomi Asia disebabkan kondisi perekonomian negara kawasan Asia mengalami ekspansi yang kuat.

“Ekspansi di Asia melampaui ekspektasi pada paruh pertama tahun ini, mendorong IMF merevisi ke atas proyeksi pertumbuhan tahun 2010 kawasan menjadi 8% atau 1% lebih tinggi dari proyeksi pada April 2010 lalu,” ujarnya dalam jumpa pers IMF: Regional Economic Outlook, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/10/2010).

IMF memaparkan, China dan India akan berada di depan dengan tingkat pertumbuhan pada tahun 2010 masing-masing diproyeksikan 10,5% dan 9,7%. “Sedangkan di Indonesia diperkirakan tumbuh 6%. Di Jepang pertumbuhan saat ini diproyeksikan 2,8%,” ungkap Anoop.

“Pada tahun 2011, pertumbuhan kawasan diperkirakan menjadi moderat dan lebih berkelanjutan sebesar 6,8%,” imbuh Anoop.

Hasil analisis IMF menyebutkan pertumbuhan ekonomi yang kuat akan membawa berbagai tantangan kebijakan baru. Antara lain, tekanan inflasi yang akan terus meningkat, sementara harga-harga dipasar properti mengalami pertumbuan dengan tingkat dua digit. Serta arus modal masuk dapat menambah tekanan lanjutan terhadap harga-harga dalam negeri.

Namun, Anoop mengapresiasikan langkah-langkah para pembuat kebijakan kawasan Asia dalam mengendalikan risiko inflasi dan membatasi meningkatnya kerentanan pada sektor finansial. “Namun sekarang banyak hal yang masih bisa dilakukan mengingat pertumbuhan kuat yang terus berlangsung di kawasan ini,” katanya.

Selain itu, IMF menyarankan perlunya pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut di negara Asia. Termasuk melalui apresiasi nilai tukar yang lebih besar. Langkah lebih cepat untuk menarik stimulus fiskal yang diterapkan selama krisis juga akan membantu menjaga terhadap berbagai risiko.

Kemudian, IMF juga mengakui untuk mengelola arus modal yang masuk ke kawasan Asia merupakan sebuah tantangan yang sulit. Arus modal yang masuk menawarkan banyak kesempatan tetapi juga membawa berbagai risiko potensial terhadap stabilitas keuangan.

Langkah-langkah kebijakan makro yang berhati-hati telah diambil dengan sepatutnya di negara kawasan ini untuk meminimalkan risiko, tetapi masih perlu dilakukan banyak tindakan.

Anoop menambahkan, apresiasi nilai tukar merupakan bagian penting dari proses keseimbangan kembali. “Wajar saja dengan perekonomian Asia yang tumbuh semakin kuat, mata uang mereka pun akan ikut menguat. Ini sungguh suatu tanda keberhasilan bagi Asia,” tukasnya.

Sumber: detikcom

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: