Skip to content

geregetan: asia 1$ the answer … 071010

October 7, 2010

Ekonomi Asia Makin Powerfull
Kamis, 7 Oktober 2010 – 11:04 wib
okezone

JAKARTA – Belum stabilnya perbaikan perekonomian di kawasan Amerika dan Eropa secara tidak langsung membuat kekuatan ekonomi Asia semakin besar.

Menurut Direktur Perencanaan Ekonomi Makro Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Prijambodo, kondisi pemulihan ekonomi dunia belum stabil sebab pemulihan ekonomi yang terjadi di negara-negara kawasan Eropa belum diikuti pemulihan negaranegara di kawasan Amerika Utara.

”Di Eropa pemulihan terjadi, tapi masih sangat lambat. Sementara di Amerika Serikat (AS) justru ada kekhawatiran terjadi resesi dalam. Kekhawatiran ini sudah diantisipasi oleh pemerintah AS,” ujar Bambang di Jakarta kemarin.

Dia menyebutkan, pertumbuhan ekonomi AS pada 2010 diprediksi tidak akan lebih dari 2,7 persen. Perkiraan ini lebih rendah dibanding prediksi Dana Moneter Inter-nasional (International Monetary Fund/IMF) yang berada pada kisaran 3,3 persen.

Dia mengatakan, meskipun ada kekhawatiran terjadi resesi kedua kalinya dalam waktu dekat, hal ini sudah diantisipasi dengan menjaga suku bunga rendah, dengan konsekuensi nilai tukar dolar akan melemah. ”Tapi, selama dolar tidak anjlok drastis, ekonomi dunia tidak akan terganggu,” tandasnya.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, meskipun Yunani, Irlandia, Portugal, dan Spanyol masih dibayangi krisis ekonomi, kondisi di Eropa masih lebih diuntungkan dengan pertumbuhan ekonomi di tiga negara Jerman, Inggris, dan Prancis yang cukup tinggi. Terlebih, ketiga negara ini sudah bersepakat menjaga kondusivitas ekonomi Eropa dengan menjaga defisit anggaran.

Defisit anggaran yang terjadi di Irlandia tercatat sebagai yang tertinggi di dunia dengan besaran mencapai 19 persen, sementara Yunani hanya 9,5 persen.

”Secara keseluruhan, kondisi di Eropa lebih baik dari perkiraan awal. Kondisi ini bisa bertahan asalkan negara-negara Eropa turut serta memperhatikan negara yang ketahanan fiskalnya rendah,” paparnya.

Kondisi berbeda justeru terjadi di kawasan Asia. Belum stabilnya perekonomian AS dan Eropa justru menguntungkan negara-negara di kawasan ini. Kekuatan ekonomi Asia justru akan semakin besar.

”Asia tumbuh sebagai kawasan penting. Perdagangan Asia juga makin tinggi. Kekuatan internal kawasan Asia akan makin besar,” ungkapnya.

Salah satu indikatornya, kata dia, adalah pertumbuhan ekonomi di China yang mencapai 11,9 persen pada triwulan I/2010 dan sedikit melambat pada triwulan II/2010 yang mencapai 10,3 persen.

Singapura dan Taiwan juga mengalami pertumbuhan cukup tinggi, masing-masing sebesar 18,8 persen dan 12,5 persen pada triwulan II/2010. Asia bahkan diprediksi mampu menjadi penopang perekonomian dunia.

”Dan Indonesia bagian penting dari kekuatan Asia bersama negara industri baru yakni Singapura, Korea, Taiwan, dan Hong Kong,” imbuhnya.

Indikator lainnya, lanjut Bambang, adalah derasnya aliran arus modal asing ke kawasan Asia, termasuk Indonesia. Sementara itu, ekonom Royal Bank of Scotland Su Sian Lim mengatakan, tidak menutup kemungkinan negara-negara di kawasan Asia mampu menjadi kekuatan baru ekonomi dunia.

Salah satu indikatornya adalah fundamental ekonomi Asia yang kuat di tengah bayang-bayang krisis ekonomi dunia. ”Bisa saja memang Asia menjadi kekuatan ekonomi baru,” tegasnya.

Salah satu indikatornya, kata dia,adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia yang pada tahun ini diprediksi bisa menyentuh angka 9,2 persen. ”Pertumbuhan di Asia memang tidak terlalu cepat, kisarannya di 7,6 persen. Tapi, untuk tahun depan pertumbuhan AS dan Eropa lebih lambat,” tandasnya. (wisnoe moerti)(Koran SI/Koran SI/ade)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: