Skip to content

geregetan: indon mah … 180910

September 18, 2010

loading
Perlambatan global tak pengaruhi RI
OLEH DEWI ASTUTI Bisnis Indonesia

‘Waspadai risiko ekonomi AS kembali ke jurang resesi’ JAKARTA: Dana Mo neter Internasional (IMF) meyakini perlam batan ekonomi global yang dibarengi dengan masih berlanjutnya pe nguatan rupiah tidak akan menggoyahkan performa ekonomi Indonesia.

“Memang ada sedikit ‘noda’ dalam perekonomian global, tetapi pada saat yang sama ada perkembangan positif dari berbagai aspek lain,” tegas Thomas R.
Rumbaugh, Division Chief IMF untuk Asia Pasifik, kepada Bisnis seusai conference call terkait dengan Konsultasi Article IV tentang Indonesia dari Washington DC, kemarin.

Dalam laporan tahunan Konsultasi Article IV tentang Indonesia, IMF masih mempertahankan estimasi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2010 sebesar 6%.

Proyeksi ini dipertahankan sejak pertama kali dibuat pada April lalu. Untuk 2011, ekonomi diperkirakan tumbuh 6,2%.

Menurut Rumbaugh, ekspor telah pulih cukup kuat pada ta

hun ini, meskipun terjadi penguatan rupiah. Investasi juga meningkat dan impor barang modal menguat. Pemulihan dalam pertumbuhan kredit juga sedikit lebih tinggi dari perkiraan. Lambatnya eksekusi belanja negara juga sudah menjadi bahan pertimbangan dalam estimasi performa ekonomi RI.
Pelemahan ekonomi dunia, terutama di Eropa dan Amerika Serikat, memang dinilai dapat memberikan dampak negatif.
Akan tetapi, kata dia, pemerintah kedua kawasan tersebut telah meluncurkan kebijakan yang mendorong likuiditas ke dalam ekonomi mereka. “Dengan demikian, upaya pemerintah negara maju tersebut menciptakan arus modal masuk ke Indonesia, sehingga membantu mendanai investasi. Skala konsolidasi fiskal Pemerintah RI pada 2011 melalui pengurangan defisit ke level 1,7% dari PDB juga kecil, sehingga dampaknya juga sedikit.“

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor pada Juli mencapai US$12,49 miliar atau naik 1,32% dari bulan sebelumnya. Bila dibandingkan dengan kinerja Juli 2009 (year-onyear), ekspor meningkat 29%.
Secara kumulatif, ekspor JanuariJuli 2010 menyentuh US$85,01 miliar atau melonjak 42,26% (year-on-year).
Rupiah melemah Kurs rupiah terhadap dolar AS telah menguat 4,5% sepanjang tahun ini. Bloomberg mencatat rupiah bertengger di level 8.985 per dolar AS pada pukul 09.35 waktu setempat kemarin. Rumbaugh memperkirakan penguatan rupiah akan berkurang sejalan dengan kebijakan pemerintah China melepas yuan dan intervensi regulator Jepang dalam melemahkan yen.

“Kurs rupiah saat ini tidak mencemaskan. Upaya untuk memperbaiki infrastruktur dan reformasi birokrasi akan memperbaiki produktivitas dan melindungi daya saing, bahkan jika rupiah sedikit terapresiasi lebih lanjut. Bank Indonesia tidak perlu meningkatkan intervensi di pasar mata uang.“

Fauzi Ichsan, Ekonom Senior Standard Chartered Bank di Indonesia, menambahkan krisis yang tengah melanda sejumlah negara Eropa seperti Yunani, Irlandia, Spanyol, dan Portugal tidak akan berdampak buruk bagi outlook Tanah Air, karena ekonomi keempat negara tersebut hanya menggerakkan kurang dari 20% ekonomi Eropa.

Apalagi, perekonomian Jerman dan Prancis yang menjadi motor penggerak utama kawasan tersebut masih tumbuh signifikan.

Yang perlu diwaspadai justru risiko ekonomi AS yang bisa terjerumus kembali ke jurang resesi, meski peluangnya dinilai kecil.

“Dari sisi domestik, downside risk terhadap ekonomi kita bisa muncul dari terlambatnya BI untuk menaikkan suku bunga guna merespons akselerasi inflasi. Memang giro wajib minimum telah dinaikkan, tetapi pada akhirnya suku bunga harus tetap dinaikkan, kira-kira akhir tahun atau pada kuartal I/2011.“

Laju inflasi tahunan RI telah meningkat pada Agustus menjadi tertinggi sejak April 2009. IMF memproyeksikan inflasi hingga akhir tahun ini akan meningkat hingga 5,9%. BI telah mempertahankan suku bunga di level 6,5% sejak September 2009.

Laporan tahunan Badan PBB untuk Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) sebelumnya menyatakan pemulihan ekonomi global masih rapuh. Langkah konsolidasi fiskal yang prematur juga dinilai berpotensi menjerumuskan ekonomi dunia kembali ke jurang resesi.

Komisi Uni Eropa pekan ini bahkan memasang proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan euro yang lebih rendah pada kuartal III dan IV. (dewi.astuti@bisnis.co.id)

Sabtu, 18/09/2010 02:30 WIB
AS Berharap Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT Asia Timur
Aprizal Rahmatullah – detikNews

Washington DC – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah KTT Asia Timur tahun depan. Jika hal itu terjadi, maka Presiden AS Barrack Obama akan memastikan hadir di Jakarta.

“Kami sangat menantikan Indonesia memimpin ASEAN tahun depan. Kami berharap Indonesia memimpin KTT Asia Timur, dimana Amerika Serikat juga ikut tergabung, dan Presiden Obama akan berada di sana untuk pertemuan di Jakarta,” kata Hillary dalam sambutannya di kantor Deplu AS, Washington DC, seperti dikutip dari http://www.state.gov/secretary, Sabtu (18/9/2010).

Hillary menyampaikan kekagumannya kepada perkembangan Indonesia. Ia berjanji akan meningkatkan kerjasama antar kedua negara.

“Tahun lalu, presiden kita sepakat untuk meningkatkan dan memperluas hubungan antara kedua negara, dengan membentuk kemitraan yang komprehensif yang benar-benar dibangun di atas nilai-nilai bersama dan kepentingan,” kata Hillary.

Hillary mengatakan, AS menghargai Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Istri mantan Presiden AS, Bill Clinton ini menyampaikan apresiasinya atas pencapaian demokrasi Indonesia selama ini.

“(demokrasi) Kita (AS) mungkin lebih tua, tapi saya pikir sejarah Indonesia dan komitmen luar biasa yang telah dibuat untuk masa depan yang dibangun di atas demokrasi adalah inspirasi untuk kita juga,” imbuhnya.

Rencananya pertemuan tersebut akan membahas komisi bersama AS-RI. Sebelumnya, 6 kelompok kerja kedua negara sudah melakukan pertemuan untuk membahas isu-isu penting. 3 diantaranya yang sudah disepakati yakni pendidikan, lingkungan dan iklim, serta demokrasi.

(ape/ape)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: