Skip to content

geregetan: ru$14 sasaran indon … 140910

September 14, 2010

Ekspor ke Rusia diprediksi US$1 miliar
OLEH MARIA Y. BENYAMIN Bisnis Indonesia

Eksportir Indonesia mengeluhkan kendala perbankan JAKARTA: Kementerian Perdagangan mem perkirakan ekspor ke Rusia daloadinglam 5 tahun ke depan mencapai US$700 juta hingga US$1 miliar, seiring dengan pertumbuhan potensi perdagangan dan investasi di negara itu.

“Posisi kita sampai akhir tahun ini bisa mencapai US$400 juta.
Dalam 5 tahun ke depan saya pikir bisa sampai US$700 juta sampai US$1 miliar. Itu yang akan dibahas dengan Rusia dalam kunjungan misi dagang nanti,“ kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjelaskan perihal rencana misi dagang ke Rusia, pekan lalu.
Mari menjelaskan ekspor ke Rusia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meskipun secara persentase kecil, kenaikan yang dialami cukup signifikan.
Pada 2005, kata dia, ekspor ke Rusia tercatat sebesar US$224 juta, namun naik menjadi US$316 juta pada 2009. Adapun pada se mester I/2010 sudah mencapai US$242 juta.

“Sebetulnya signifikan kenaikan ekspor kita dengan Rusia walaupun persentase kecil tapi kita bisa melihat tren pada semester I/2010 di mana pertumbuhan sekitar 76%,“ lanjutnya.

Beberapa produk ekspor non migas yang mengalami peningkatan di antaranya minyak kelapa sawit dan beberapa produk turunannya, teh, alas kaki, dan produk elektronik. Tingginya ekspor beberapa produk manufaktur, menurut Mari, membuktikan bahwa potensi ekspor Indonesia ke Rusia tidak hanya didominasi oleh produk yang berbasis sumber daya alam.

Dari segi impor, kata dia, impor migas dari Rusia memang tercatat lebih tinggi dari impor non migas. Impor migas selama semester I/2010 tercatat sebesar US$540 juta, sementara impor non migas hanya sebesar US$429 juta. Tingginya angka impor migas ini di dominasi oleh minyak pelumas.

Sementara untuk nonmigas paling besar adalah besi baja dan potasium chloride, dan gandum.
“Tetapi Ketergantungan impor gandum dari Rusia kecil jadi kita tidak akan terpengaruh oleh penyetopan ekspor gandum dari Rusia,“ jelasnya.

Dia menambahkan potensi perdagangan dengan Rusia masih terbuka lebar, karena share dari Indonesia masih sangat kecil sekali dengan total suplai hanya sebesar 0,4% dari keseluruhan impor Rusia. Pangsa pasar China di negara itu mencapai 14%, Jepang 4,5%, dan Korea 3%.

“Jadi masih banyak potensi yang kita garap mengingat penduduk Rusia yang besar dan peningkatan daripada pendapatan mereka.“

Kendala perbankan Kendati demikian, kata Mari, sejumlah eksportir Indonesia masih mengeluhkan kendala perbankan di mana belum ada hubungan perbankan yang baik antara eksportir dan pihak importir di Rusia.

Selain itu, terdapat sejumlah peraturan di Rusia yang belum transparan. Hal ini dipengaruhi oleh status Rusia yang belum menjadi anggota WTO. “Itu pen tingnya pemerintah menjajaki pendekatan supaya ada wadah bagi pengusaha kita.“

Misi dagang akan dipimpin secara langsung oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan ikut dalam misi dagang tersebut adalah 14 perusahaan dari berbagai sektor, di antaranya produsen makanan dan minuman, ban, tekstil dan produk tekstil, batu bara, produk kimia, penyedia jasa perbankan serta beberapa unsur kementerian.

Misi dagang tersebut juga menyertakan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). “Karena memang tugas LPEI membantu eksportir kita untuk penetrasi ke pasar yang baru. Biasanya ada risiko yang lebih untuk masuk pasar baru dan itu akan dibantu oleh LPEI,“ tuturnya.

Dalam misi dagang tersebut, Menteri Perdagangan juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi dan Pembangunan Federasi Rusia serta Menteri Luar Negeri Belarus.

Pertemuan ini, menurutnya, menjadi momentum tepat untuk membuka peluang bagi berkembangnya pasar baru dan pasar non tradisional bagi produk barang dan jasa Indonesia ke luar negeri khususnya ke wilayah Rusia dan Belarus. (maria.benyamin @bisnis.co.id)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: