Skip to content

geregetan: 2T ekspektasi … 070910

September 7, 2010

Wow, Pasar Domestik China USD2 T
Selasa, 7 September 2010 – 08:59 wib

BEIJING – Potensi pasar ritel domestik China tahun ini diperkirakan mencapai USD2 triliun atau setara dengan Rp8.950 triliun,naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya USD1,84 triliun.

Deputi Perwakilan Dagang China Chong Quan menyatakan, dalam jangka panjang pasar domestik China secara definitif akan membawa kesempatan lebih besar bagi negara eksportir itu menjadi negara industri dan menambah akselerasi kaum urban.

“Pasar domestik akan melebihi nilai ekspor tahun ini,” kata Chong saat membuka forum ekspor-impor di Beijing kemarin seperti dikutip kantor berita Xinhua kemarin.

Data terbaru yang memperlihatkan betapa besarnya perekonomian China salah satunya ditunjukkan oleh nilai surplus perdagangan bulan lalu yang mencapai USD89,93 miliar.

Meski secara year on year mengalami penurunan 21,2 persen dibandingkan tahun lalu, surplus Agustus lalu merupakan yang ketujuh kalinya secara berturut- turut. Chong mengulangi pernyataan bahwa China akan melanjutkan membuka akses pasar secara bertahap sebagai upaya ekspansi ekonomi serta membuka impor untuk mempromosikan adanya keseimbangan dalam perdagangan internasional.

“Kami mempertimbangkan impor ke depan akan memfasilitasi produk berteknologi tinggi dan mesin-mesin utama yang tidak kami miliki,” kata Chong.

Sebagai upaya menggenjot impor, tambah Chong, China akan membuat fasilitas untuk mempermudah impor,menghilangkan tarif bea masuk, serta mengurangi prosedur dan biaya impor. “Beijing akan menghilangkan semua aturan impor agar pendanaan importir lebih mudah bagi perusahaan domestik,” ujar Chong.

Xinhua juga melaporkan, Pemerintah China akan mendorong impor dari negara-negara di mana China mengalami surplus perdagangan. Kendati demikian, laporan tersebut tidak menyebutkan perincian lebih lanjut atas langkah-langkah yang akan diambil China. Tahun lalu China melampaui Jerman sebagai eksportir terbesar di dunia.

Ekspor China sepanjang 2009 mencapai USD24,5 triliun pada Juni.Namun keberhasilan ekspor China secara konsisten mendapat kritik dari mitra dagang utama seperti Amerika Serikat (AS). Bahkan Washington telah lama mendorong China untuk mengimpor lebih banyak barang asing.Tekanan terhadap China juga muncul ketika mata uang China, yuan, dipatok di bawah nilai yang sesungguhnya sehingga produk negara lain tidak bisa bersaing dengan produk China.

Shenzhen 30 Tahun

Di bagian lain, Presiden China Hu Jintao kemarin menghadiri perayaan 30 tahun Kota Shenzhen sebagai zona ekonomi khusus.Kota itu dianggap istimewa karena telah membantu memicu booming perekonomian China dalam tiga dekade terakhir.

“Zona ekonomi khusus Shenzhen menciptakan keajaiban dalam sejarah dunia industrialisasi, urbanisasi, dan modernisasi. Kota ini telah memberikan kontribusi signifikan untuk membuka reformasi China,” kata Hu dalam kunjungan ke kota yang berada di selatan China itu.

Dia menambahkan, Pemerintah China akan selalu mendukung eksplorasi yang dilakukan otoritas zona ekonomi khusus Shenzhen (SEZ) dalam hal reformasi ekonomi. Shenzhen yang berbatasan dengan Hong Kong merupakan laboratorium ekonomi bagi China yang dicatat dalam buku reformasi pemerintahan Negeri Panda. Pada 1980, Shenzhen menjadi kawasan pertama di China yang menjalankan zona ekonomi khusus dan menerima investasi asing di bawah pimpinan Deng Xiaoping.

Saat itu, SEZ menawarkan pajak lebih rendah dan prosedur birokrasi yang praktis untuk menarik investor luar negeri. Sistem ini mengangkat SEZ sebagai model untuk daerah produsen manufaktur yang menjadi basis pertumbuhan ekonomi China.(Yanto Kusdiantono/Koran SI/wdi)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: