Skip to content

geregetan: uang itu penting … 240810

August 24, 2010

INILAH.COM, Jakarta – Krisis ekonomi yang mendera negara-negara industri tiga tahun terakhir berpotensi membuat satu generasi hilang dari sejarah. Di Indonesia, generasi yang lahir pada saat krisis ekonomi 1998 juga berpeluang hidup tak menentu.

Organisasi Buruh Internasional (ILO) melaporkan, tingkat pengangguran dunia saat ini memecahkan rekor tertinggi. Ini dia angkanya: Akhir 2009, sedikitnya 81 juta dari 639 juta orang berusia 15 hingga 24 tahun berstatus tidak bekerja. Angka ini jauh meningkat dibandingkan 2007, sebelum krisis melanda Amerika, yang berjumlah 7,8 juta pengangguran.

Badan PBB untuk pekerja itu memperkirakan tren peningkatan pengangguran masih akan berjalan untuk beberapa tahun ke depan, jika melihat laju perbaikan ekonomi dunia yang berjalan lambat, jika tidak stagnan sama sekali. “Mereka akan menjadi generasi yang hilang,” tulis ILO dalam laporannya yang dipublikasikan baru-baru ini.

Sebenarnya bukan hanya angkatan kerja yang menganggur yang akan hilang tapi mereka yang saat ini masih dalam jenjang pendidikan. Bagaimana tidak. Biaya untuk pendidikan, kesehatan dan asuransi tiba-tiba dipotong pemerintah, membuat kualitas pendidikan dan kesehatan mereka ikut terpangkas.

Masalah ini makin parah dihadapi negara-negera berkembang, dimana kualitas hidup mereka yang terkena dampak krisis ekonomi langsung terpuruk. Bahkan tidak jaran

Sumber : INILAH.COM

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: