Skip to content

geregetan: silakan inves … 100810

August 10, 2010

Investment Grade
Senin, 9 Agustus 2010 – 11:07 wib

Bayangkanlah Anda tengah menghadapi banyak pilihan instrument investasi dan Anda diminta untuk menentukan pilihan yang dinilai menguntungkan. Nah, bagaimana Anda menentukan pilihan itu? Tentu sebelum membuat atau menentukan pilihan, Anda akan menyusun semacam kriteria.

Selanjutnya Anda tentu akan memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kriteria yang sudah Anda tentukan. Nah, instrumen investasi yang sudah Anda pilih, itulah instrument yang masuk dalam radar investasi Anda.

Dalam dunia investasi, instrument yang masuk kriteria layak investasi itu disebut berada dalam investment grade. Begitulah sederhananya. Istilah invesment grade sebenarnya mengacu pada hasil peringkat atau rating yang dilakukan oleh lembaga pemeringkat atau lembaga rating terhadap kualitas surat utang jangka panjang bertenor di atas lima tahun.

Di Indonesia, hingga kini cuma ada dua lembaga rating yakni PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan PT Fitch Rating Indonesia. Di dunia internasional ada Standard & Poor’s, Moody’s dan sebagainya. Hasil rating yang dilakukan terhadap surat utang atau obligasi diterbitkan dengan peringkat AAA; AA; A; BBB; BB; B dan seterusnya. Peringkat A menunjukkan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan B, dan peringkat B lebih tinggi dari C, dan seterusnya. Peringkat D menunjukkan kualitas instrument yang paling buruk.

Dalam dunia investasi keuangan hasil rating yang disebut masuk dalam kategori investment grade adalah BBB ; A; AA; dan AAA, plus minus. Investment grade berarti ini memiliki tingkat risiko yang relatif rendah, kemungkinan gagal bayar atau default kecil. Instrument investasi yang masuk dalam kategori investment grade memiliki risiko kecil.

Pemeringkatan atau rating seperti di atas tidak hanya dilakukan terhadap surat utang atau obligasi korporasi, tetapi juga dilakukan terhadap instrument utang yang diterbitkan pemerintah seperti Surat Utang Negara (SUN).

Bahkan, pemeringkatan atau rating juga dilakukan terhadap kualitas risiko sebuah negara. Kategori investment grade tentu diarahkan kepada negara yang memiliki risiko rendah dalam investasi. Makanya jangan heran, semakin bagus kategori investment grade suatu negara, maka semakin deras aliran dana yang masuk untuk ditanam di negara tersebut.

Belum lama ini, Indonesia sudah merasakan betapa nikmatnya masuk kategori investment grade. Ketika lembaga rating dari Jepang mengumumkan bahwa Indonesia masuk investment grade maka aliran dana investasi, terutama lewat pasar uang dan pasar modal semakin besar.

Hal ini pula yang menopang kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga mampu menembus level psikologis 3.000. Peringkat Indonesia, memang mengalami kenaikan cukup berarti sejak kuartal ke-3 tahun 2009 lalu. Saat itu tiga lembaga rating, S & P. Moody’s dan Fitch meningkatkan posisi rating Indonesia ke level BB+.

Nah, pada pertengahan 13 Juli lalu, giliran Japan Credit Rating Agency Ltd (JCRA) yang secara terbuka bilang Indonesia masuk radar investment grade dengan hasil rating BB+ dari sebelumnya BBB- untuk utang valas jangka panjang senior Indonesia, Sedangkan untuk peringkat utang lokal jangka panjang senior, rating Indonesia naik dari posisi BBB- menjadi BBB.

Hasil rating yang dikeluarkan lembaga rating itu bersifat independent, tidak ada unsur rekayasa, apalagi gratifikasi. Semua berjalan apa adanya. Hasil rating ini yang patut disyukuri, karena kategori invesment grade merupakan prasyarat untuk dibolehkan melakukan investasi. Artinya, cukup beralasan jika cukup banyak dana asing mengalir deras ke Indonesia.

Ini baru hasil rating yang dilakukan oleh JCRA. Lembaga rating seperti S & P, Moody’s dan Fitch belum mengeluarkan outlook Indonesia untuk semester II.

Jika tahun depan para lembaga rating ini menerbitkan outlook Invesment Grade, bukan tidak mungkin akan direspons positif oleh pelaku pasar. Jadi, masih ada kemungkinan IHSG akan naik kembali. (Tim BEI)(//ade)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: