Skip to content

geregetan: kebijakan menuju kestabilan : 250610

June 25, 2010

Anggito: Kesehatan Ekonomi RI Terus Diuji
Pemerintah harus segera mengupayakan agar Indonesia bisa segera masuk investment grade.
JUM’AT, 25 JUNI 2010, 17:02 WIB
Arinto Tri Wibowo, Agus Dwi Darmawan

VIVAnews – Ekonom Universitas Gadjah Mada, Anggito Abimanyu, mengingatkan pemerintah agar berhati-hati dalam menyusun kebijakan.

Anggito berpendapat pada masa pemulihan krisis saat ini, kondisi keuangan pemerintah Indonesia cukup berisiko. Alasan Anggito adalah belum adanya aliran modal masuk ke Indonesia yang sifatnya jangka panjang.

“Sampai kuartal I-2010 itu nilainya US$6,5 miliar, portofolio jangka pendek. Sementara itu, neraca transaksi berjalan (karena ekspor) hanya US$1,5 miliar. Jadi, ini cukup volatile atau berisiko,” kata Anggito saat berdiskusi dengan wartawan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat 25 Juni 2010.

Menurut dia, aliran modal jangka pendek ini membuat kestabilan level indikator makro bisa saja terpengaruh kalau seandainya ada gangguan. Karena yang dikhawatirkan adalah modal dari luar ini bisa saja dengan cepat keluar, sehingga mempengaruhi cadangan devisa dan berimbas pada nilai tukar.

“Berbeda kalau itu uang minyak (penjualan minyak mentah), ekspor, atau dalam bentuk investasi jangka panjang,” kata dia.

Anggito berpendapat bahwa kesehatan ekonomi Indonesia masih terus diuji pada kuartal kedua dan ketiga 2010. Ujian itu antara lain karena adanya krisis di Yunani.

Menurut dia, meski terjadi krisis dan telah banyak negara yang mengalami penurunan peringkat utangnya, tetap saja negara di Eropa berada pada tingkatan negara yang baik untuk investasi (investment grade).

“Jadi meski krisis, negara-negara di sana tetap menjadi minat investor untuk berinvestasi. Kondisi sekarang perlu kita cermati karena meski bersusah payah, tetap saja modal yang masuk jangka pendek,” kata dia.

Kondisi ini sebetulnya memang hanya faktor psikologi. Untuk itu pemerintah harus segera mengupayakan agar Indonesia bisa segera masuk investment grade.

• VIVAnews

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: