Skip to content

geregetan: Ch itu emank zigzag otaknya : 220610

June 22, 2010

22/06/2010 – 16:40
Bank BUMN Borong Dolar, Yuan Ditutup Melemah

(IST)
INILAH.COM, China – Yuan China melemah pada penutupan pasar Selasa (22/6) disebabkan bank BUMN membeli dolar dalam jumlah besar, sebuah langkah yang menunjukkan bahwa bank sentral telah mengadopsi strategi baru untuk mengendalikan kecepatan kenaikan yuan.

Reuters melaporkan Yuan awalnya menguat setelah Bank Rakyat Cina menetapkan kurs tengah di 6,7980 yuan per dolar AS.

Pembelian dolar dalam jumlah besar ini membuat yuan melemah ke level terendahnya di 6,7900 – terendah sejak penilaian kembali pada tahun 2005 – dan mencapai level tertingginya di 6,8229, turun dari 0,37 persen. Yuan terakhir diperdagangkan di level 6,8189. Pada hari Senin, yuan mencatatkan kenaikan tertinggi selama satu hari, meningkat hampir setengah persen dan hampir menyentuh bagian atas dari band perdagangan harian di kedua sisi titik pertengahan.

Beberapa pedagang yakin pembelian dolar oleh bank-bank BUMN adalah atas nama PBOC untuk menghindari intervensi pasar langsung, seperti yang sering dilakukan dalam fase apresiasi pasca revaluasi dan de facto terhadap dolar selama dua tahun terakhir.

Dengan membiarkan bank-bank BUMN membeli dolar, PBOC secara efektif membatasi kemampuan pasar untuk dolar pendek / yuan – terutama karena bank tidak diperbolehkan untuk memegang posisi short overnight di pasar spot mata uang. “Rupanya strategi baru,” kata seorang dealer senior di sebuah bank Eropa di Shanghai.

“Bank sentral tidak perlu campur tangan di pasar, tapi masih bisa mempertahankan tingkat apresiasi yuan di bawah kontrol melalui pengendalian penawaran dan permintaan.”

“Karena bank-bank BUMN yang meraup dolar di berbagai tingkatan, ini menunjukkan bahwa mereka tidak berusaha untuk menjaga yuan pada tingkat tertentu,” kata para pedagang. [cms]

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: