Skip to content

geregetan: stress test bank eurozone bikin stres … 180610

June 18, 2010

Spanyol Berulah, Euro Unggah
Jumat, 18 Juni 2010 | 06:27 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Euro sedikit lebih tinggi terhadap dollar AS pada Kamis (17/6/2010), karena keberhasilan penjualan obligasi Spanyol mengurangi kekhawatiran tentang krisis utang zona euro dan para pemimpin Eropa membuat komitmen untuk membuka stress test bank.

Mata uang tunggal Eropa naik menjadi 1,2359 dollar AS dari 1,2306 dollar AS di New York pada akhir Rabu. Terhadap unit Jepang, dollar AS jatuh ke 90,85 yen dari 91,45 yen pada Rabu.

“Berita bahwa Spanyol telah kembali berhasil menggalang dana di pasar terbuka adalah membantu sentimen,” ujar Jane Foley, analis pada perusahaan perdagangan online Forex.com.

Departemen Keuangan Spanyol berhasil menghimpun 3,479 miliar euro (4,305 miliar dollar AS) dengan menjual obligasi pada Kamis tetapi pada bunga yang lebih tinggi karena investor mencari imbal hasil lebih atas pinjaman setelah ketakutan utang baru-baru ini. “Lelang berjalan lancar, dengan Spanyol menerbitkan mendekati maksimum dari kisaran yang diumumkan,” kata Chiara Cremonesi, fixed income strategist pada UniCredit Research.

Sentimen pasar telah dipengaruhi oleh rumor dari kemungkinan ketegangan dalam sistem perbankan Spanyol dan kesan bahwa Spanyol mungkin perlu sebuah bailout (dana talangan) sebesar 200-250 miliar euro.

Pejabat Uni Eropa dan Spanyol telah membantah keras kesan tersebut.

Imbal hasil obligasi Spanyol, atau bunga yang Madrid harus tawarkan untuk menarik investor, berkurang di kemudian Kamis menjadi 4,761 persen pada obligasi 10-tahun dari 4,876 persen pada Rabu. “Spanyol telah lulus ujian,” kata analis Natixis Cyril Regnat.

Aksi pada sebuah pertemuan puncak Uni Eropa di Brussels juga memiliki dampak Kamis.

Para pemimpin Uni Eropa telah sepakat untuk mempublikasikan – pada akhir Juli – hasil dari apa yang disebut stress test yang dilakukan pada bank dalam upaya untuk meyakinkan investor, kata diplomat kepada AFP.

Setelah Spanyol dan Jerman secara terpisah setuju untuk “go public” dengan analisis bank-bank mereka, sisa dari kepala-kepala pemerintahan Uni Eropa dan negara memutuskan untuk melakukan juga pada pertemuan puncak di Brussels memfokuskan pada kekhawatiran ekonomi. “Kami sepakat bahwa stress test bank akan dipublikasikan paling lambat akhir Juli,” kata diplomat lain.

Sumber tersebut mengatakan bahwa seruan untuk “transparansi komunikasi stress test” sedang dimasukkan ke dalam kesimpulan resmi KTT itu. Stress test menentukan kapasitas bank untuk menahan guncangan ekonomi atau keuangan.

Eropa selain dilaporkan telah berjanji untuk menjadi keras dengan negara yang meminjam berlebihan, meletakkan dasar bagi ekonomi lintas batas pemerintah.

Diplomat mengatakan kesepakatan yang telah dicapai dalam pertemuan puncak menguatkan sanksi bagi mereka negara yang menyatakan bahwa anggaran mereka terpukul.

Di tempat lain pada Kamis, bank sentral Swiss mempertahankan suku bunga acuan tak berubah, sejalan dengan ekspektasi analis, namun menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Swiss tahun ini menjadi sekitar 2,0 persen.

Dalam perdagangan London pada Kamis, euro berada pada 1,2359 dollar AS terhadap 1,2306 dollar AS pada Rabu, di 112,29 yen (112,53), 0,8349 euro (0,8353) dan 1,3770 franc Swiss (1,3914).

Dollar AS berdiri pada 90,85 yen (91,45) dan 1,1142 franc Swiss (1,1304). Pound berada pada 1,4803 dolar (1,4729).

Di London Bullion Market, harga emas naik menjadi 1.245 dollar AS per ons dari 1.234,50 dollar AS per ons pada Rabu.

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: