Skip to content

geregetan: cerah itu saat panen, krisis itu saat tanam … 040510

May 4, 2010

Selasa, 04/05/2010 07:10 WIB
Data Ekonomi Cerahkan Wall Street
Nurul Qomariyah – detikFinance
New York – Data-data kembali menunjukkan proses pemulihan ekonomi AS kini sudah berada di jalurnya. Saham-saham di bursa Wall Street pun langsung melonjak oleh sentimen positif. Detail dari rencana penyelamatan krisis utang Yunani juga memberikan kenyamanan pada investor.

Data positif datang dari sektor manufaktur AS yang menunjukkan geliatnya kembali. Survei Institute for Supply Management menunjukkan sektor tersebut tumbuh ke tingkat tercepatnya dalam 6 tahun terakhir, sekaligus mengalami ekspansi selama April. ISM juga mencatat proses pemulihan sektor manufaktur sangat kuat dan bisa tumbuh lagi ke depannya.

Sementara indeks harga-harga konsumen juga menunjukkan kenaikan hingga 2% selama Maret, mendekati titik tertinggi dari kondisi normal.

“Ini adalah berita ekonomi yang baik lagi dan itulah yang tetap menjaga kenaikan harga saham-saham. Ini adalah rally penguatan saham yang merata, namun volume perdagangan sangat tipis, sehingga dengan gampang membuat segala sesuatunya terlihat lebih baik,” ujar Scott Marcouiller, analis senior dari Wells Fargi Advisors seperti dikutip dari Reuters, Selasa (4/5/2010).

Pada perdagangan Senin (3/5/2010), indeks Dow Jones industrial average ditutup melonjak hingga 162,34 poin (1,47%) ke level 11.170,95. Indeks Standard & Poor’s 500 menguat 16,93 poin (1,43%) ke level 1.203,62 dan Nasdaq menguat 40,69 poin (1,65%) ke level 2.501,88.

Saham perusahaan asal Inggris, BP Plc tercatat paling besar diperdagangkan di New York Stock Exchange, dengan penurunan hingga 5,8%. Saham raksasa migas itu merosot karena dikenakan denda sebagai kompensasi untuk membersihkan tumpahan minyak yang mengancam Teluk Meksiko.

Saham-saham maskapai penerbangan mencatat kenaikan setelah munculnya kabar merger antara Continental dan United Airways. Saham United holding yang merupakan induk dari UAL tercatat naik 2,37%, sementara Continental naik 2,28%.

“Pergerakan saham-saham sebenarnya merata, namun saham maskapai penerbangan merupakan yang terbaik,” ujar analis dari Briefing.com seperti dikutip dari AFP.

(qom/qom)

Advertisements

From → Global neh

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: