Skip to content

geregetan: ACUNG JEMPOL untuk BAIL-OUT raksasa … 200410

April 20, 2010

21 juta Pekerjaan diselamatkan saat krisis global
Selasa, 20/04/2010 06:37:06 WIBOleh: Antara
JENEWA (Antara): Sebanyak 21 juta pekerjaan diciptakan atau diselamatkan selama krisis ekonomi baru-baru ini berkat tindakan luar biasa yang diambil oleh pemerintah, Organisasi Buruh Internasional (ILO) mengatakan Senin.

“14 juta pekerjaan pada 2009 dan lainnya 6,7 juta pada 2010 menambahkan hingga sekitar 21 juta pekerjaan yang diciptakan atau diselamatkan, setara dengan 1,0% dari total pekerjaan untuk kelompok G-20,” kata ILO.

Badan tenaga kerja PBB itu mengatakan, langkah-langkah stimulus fiskal secara langsung memberikan kontribusi terhadap 14,7 juta dari pekerjaan ini.

Jadi yang disebut stabilisator otomatis — seperti tunjangan pengangguran — membantu untuk melestarikan 6,2 juta pekerjaan lainnya, kata ILO.

Selain itu, negara-negara yang telah mengadopsi langkah-langkah stimulus ini muncul keluar dari krisis lebih cepat, katanya, sambil menunjuk kepada Australia, China dan Afrika Selatan sebagai contoh.

“Semua negara yang telah memutuskan untuk stimulus fiskal luar biasa telah melihat pengaruh dari pengeluaran tersebut, dan negara-negara dengan paket-paket stimulus fiskal besar tampaknya telah membalikkan penurunan lebih cepat,” katanya.

ILO tahun lalu telah memperingatkan bahwa jutaan pekerjaan bisa dipertaruhkan jika rencana stimulus ditarik sebelum waktunya.

Hal itu juga diperkirakan pada Januari bahwa pengangguran global telah meningkat di krisis ekonomi menjadi ke rekor 212 juta orang menganggur. (mrp)

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: