Skip to content

sinyal internal jadi eksternal … 290310

March 29, 2010

‘Keterlibatan IMF di Yunani bukti Euro rapuh’
Minggu, 28/03/2010 20:12:27 WIBOleh: Erna S. U. Girsang
CERNOBBIO, Italia(Bloomberg): Mekanisme bantuan Uni Eropa terhadap Yunani dengan melibatkan Internasional Monetary Fund (IMF) menunjukkan kerapuhan kawasan Euro, sehingga berpotensi mendorong peningkatan spekulasi di pasar keuangan.

Ekonom Jean-Paul Fitoussi mengatakan kesepakatan yang dihasilkan para pemimpin UE pada pekan lalu sangat berbahaya karena memberikan sinyal bahwa kawasan itu tidak mampu mengatasi persoalan dengan kemampuan internal.

“Itu akan memberikan peluang bagi spekulator untuk menggangu negara lain di kawasan itu,” ujar Fitoussi Fitoussi yang juga menjabat sebagai Chairman Observatoire Francais des Conjunctures Economique di dalam Bloomberg Television, hari ini.

Dia menambahkan potensi terjadinya krisis yang sama terhadap negara lain di Eropa selalu ada, sedangan pasar keuangan mengetahui bahwa sulit sekali bagi UE untuk memberikan bantuan dana kepada sebuah negara di kawasan itu.

Di tempat yang sama, Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde menegaskan kebijakan UE menyelamatkan Yunani menunjukkan bahwa pemimpin di kawasan itu berupaya mengutamakan stabilisasi euro.

“Jika dipandang dari sisi kemampuan dan keahlian Uni Eropa, kebijakan pemberian bantuan kepada Yunani dengan melibatkan IMF menunjukkan bahwa kami memiliki solidaritas dan kemampuan yang baik, serta berupaya mempertahankan euro,” jelas Lagarde.

Pekan lalu, pemimpin Eropa mendukung usulan Prancis dan Jerman untuk membantu Yunani dengan menggabungkan kebijakan melibatkan IMF dan pinjaman bilateral. Mata uang Australia dan Kanada turun dibandingkan dengan dolar AS dan euro setelah pengumuman itu. (mrp)

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: