Skip to content

yuk-NA-n(g)I(s) … 280310

March 28, 2010

Yunani Terbitkan Obligasi Minggu Depan
Minggu, 28 Maret 2010 – 09:26 wib

LONDON – Yunani akan meluncurkan obligasi beberapa miliar euro minggu depan. Emisi ini diharapkan akan membantu negara tersebut keluar dari krisis utang.

Kepala Badan Manajemen Utang Pemerintah Yunani Petros Christodoulou menyatakan, jumlah emisi ditargetkan sebesar lima miliar euro atau setara USD6,7 miliar. Emisi dilakukan di pasar obligasi.
“Kami akan kembali ke pasar Maret ini,” kata dia kepada Financial Times (FT), seperti dikutip AFP, Sabtu (27/3/2010).

FT melaporkan, akhir bulan ini Yunani akan menerbitkan obligasi seniali obligasi berjatuh tempo tiga hingga tujuh tahun. Di bulan April, Yunani kembali menerbitkan obligasi sejenis. Keberhasilan obligasi ini dipasar merupakan tes untuk mengetahui tingkat keyakinan.

Kamis lalu, 16 negara anggota Zona Euro sepakat untuk memberikan pinjaman kepada Yunani sebagai pelengkap pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF). Kesepakatan ini muncul disaat Yunani harus memberikan kepastian pada investor pemegang obligasinya atas utang jatuh tempo senilai 20 miliar euro atau USD27 miliar.

“Kami percaya kami tidak perlu menggunakan itu. Yunani kembali mendapatkan kredibilitasnya. Sektor perbankan kami tidak terancam dan uangnya tetap disana dan aman,” papar Perdana Menteri Yunani George Papandreou.

Tingkat kemampuan Yunani untuk menggalang dana dari pasar surat utang turun pada Jumat (26/3/2010). Bunga Obligasi Pemerintah Yunani jatuh tempo 10 tahun – suku bunga yang harus dibayar Yunani jika meminjam uang – turun menjadi 6,193 persen. Ini menunjukkan keyakinan investor kepada Yunani meningkat.

Pasar saham di Eropa turun sebagai tanggapan investor terhadap kesepakatan Uni Eropa (UE) menyelamatkan Yunani. Indeks FTSE London turun 0,43, CAC Paris 40 melemah 0,29%, dan Dax Frankfurt turun 0,21 persen. (AFP/ahmad senoadi/Koran SI/adn)

(//rhs)

Advertisements

From → GREAT depression

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: