Skip to content

pelan-pelan saja: dasar pengutank, balek ke imf dah : 260310

March 26, 2010

Jumat, 26/03/2010 07:06 WIB
Eropa Akhirnya Minta Tolong ke IMF Atasi Krisis Utang Yunani
Nurul Qomariyah – detikFinance

Brussels – Uni Eropa akhirnya sepakat untuk meminta tolong IMF guna menyelamatkan perekonomian Yunani yang kini sedang dibelit krisis utang. Uni Eropa akhirnya mencapai kesepakatan setelah sebelumnya Prancis menolak keras keterlibatan IMF di Yunani karena dianggap bisa mencoreng kawasan tersebut.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel berhasil mencapai kesepakatan dari 16 negara anggota Uni Eropa dalam pertemuan pemimpin Uni Eropa untuk membawa IMF memberikan pinjaman bilateral ke Yunani.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou menyambut baik keputusan tersebut karena bisa membuat kawasan tersebut lebih kuat setelah melalui krisis.

“Eropa telah mengambil langkah maju. Eropa dan Yunani akan menjadi lebih kuat setelah krisis ini,” ujarnya seperti dikutip dari AFP, Jumat (26/3/2010).

Menjelang keputusan tersebut, euro bergerak menguat ke level 1,3352 dolar pada akhir perdagangan di London. Namun pada perdagangan di New York, euro justru kembali ambles.

Pada perdagangan Kamis (25/3/2010) di New York, euro melemah ke level 1,3277 dolar, mendekati titik terendahnya di level 1,3315 dolar pada perdagangan sebelumnya.

Kathy Lien, direktur riset valas Global Forex Trading mengatakan, pemimpin Uni Eropa memang telah mencapai kesepakatan untuk mekanisme bantuan finansial bagi Yunani berdasarkan harga aksi atas euro. Dan hal itu membuat investor tidak nyaman.

Lien melihat pasar khawatir rencana penyelamatan Yunani itu tidak akan direstui oleh Gubernur Bank Sentral Eropa yang selama ini sangat dihormati pasar.

“Euro merosot ke titik terendahnya lagi dalam 10 bulan terakhir atas dolar AS karena orang terus melepas mata uang tunggal itu,” ujarnya.

Detail dari rencana penyelamatan Yunani yang melibatkan IMF ini belum jelas dan masih memerlukan persetujuan formal dari 27 pemimpin Uni Eropa.

Jika ini direalisasikan, maka untuk pertama kalinya sejak mata uang tunggal diluncurkan pada tahun 1999, Eropa akhirnya melibatkan IMF untuk membantu keuangan negara-negara anggotanya. IMF selama ini memang telah membantu sejumlah negara Eropa seperti Hungaria, Latvia dan Rumania. Namun IMF tidak pernah dilibatkan dalam merencanakan penyelamatan finansial kawasan Eropa.

Belum jelas berapa nilai yang akan dikucurkan IMF ke Yunani. Yang pasti, Yunani saat ini sedang didera utang maha besar hingga US$ 300 miliar dengan defisit tahunan tertinggi di Eropa.

(qom/qom)

Advertisements

From → Investasi Umum

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: